Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Pada Akun Instagram @Griizelle.id) (Muchamad Nabil, Sugandi, Ghufron)
Submitted by: Nabil, Muchamad
On: Aug 12, 2021 @ 6:09 AM
IP: 182.3.135.205
- Judul artikel eJournal: Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Pada Akun Instagram @Griizelle.id)
- Pengarang (nama mhs): Muchamad Nabil, Sugandi, Ghufron
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan fitur instagram stories sebagai media komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh akun @Griizelle.id. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori Uses and Gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai segala sesuatu saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di kediaman pemilik akun @Griizelle.id tepatnya di kota Sangatta, Kutai Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini ada 2 orang yaitu pemilik akun terkait dan juga admin dari akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan fungsi fitur dalam aplikasi instagram sangat erat dengan kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh narasumber. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan fitur instagram stories yang meliputi filter, caption, hashtags, dan polling oleh narasumber agar tujuannya dalam memasarkan barang dapat terwujud. Kemudian hal tersebut dikonfirmasi oleh narasumber melalui tanggapan mereka terkait digunakannya fitur instagram stories pada akun media sosial mereka secara berkelanjutan. Tercapainya tujuan dari narasumber yang merupakan pengguna media merupakan akhir dari keseluruhan proses penggunaan fitur dalam stories instagram. Kepuasan yang didapat atau tercapainya tujuan dalam penggunaan media sosial sangat terkait dengan bahasan dalam teori uses and gratification.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Uses and Gratification, Komunikasi Pemasaran Online, Fitur Instagram
- NIM: 1402055022
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si, Drs. Ghufron, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 9
- Nomor: 3
- Tahun: 2021
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal_Muchamad Nabil_1402055022 (08-12-21-06-09-06).doc (125 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal_Muchamad Nabil_1402055022 (08-12-21-06-09-06).pdf (107 kB)