Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Pada Akun Instagram @Griizelle.id) (Muchamad Nabil, Sugandi, Ghufron)

Submitted by: Nabil, Muchamad
On: Aug 12, 2021 @ 6:09 AM
IP: 182.3.135.205

  • Judul artikel eJournal: Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Pada Akun Instagram @Griizelle.id)
  • Pengarang (nama mhs): Muchamad Nabil, Sugandi, Ghufron
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan fitur instagram stories sebagai media komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh akun @Griizelle.id. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori Uses and Gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai segala sesuatu saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di kediaman pemilik akun @Griizelle.id tepatnya di kota Sangatta, Kutai Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini ada 2 orang yaitu pemilik akun terkait dan juga admin dari akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan fungsi fitur dalam aplikasi instagram sangat erat dengan kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh narasumber. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan fitur instagram stories yang meliputi filter, caption, hashtags, dan polling oleh narasumber agar tujuannya dalam memasarkan barang dapat terwujud. Kemudian hal tersebut dikonfirmasi oleh narasumber melalui tanggapan mereka terkait digunakannya fitur instagram stories pada akun media sosial mereka secara berkelanjutan. Tercapainya tujuan dari narasumber yang merupakan pengguna media merupakan akhir dari keseluruhan proses penggunaan fitur dalam stories instagram. Kepuasan yang didapat atau tercapainya tujuan dalam penggunaan media sosial sangat terkait dengan bahasan dalam teori uses and gratification.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Uses and Gratification, Komunikasi Pemasaran Online, Fitur Instagram
  • NIM: 1402055022
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si, Drs. Ghufron, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 9
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal_Muchamad Nabil_1402055022 (08-12-21-06-09-06).doc (125 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal_Muchamad Nabil_1402055022 (08-12-21-06-09-06).pdf (107 kB)




  1. Situs Judi Slot Terlengkap
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. Situs Slot
  15. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  16. Mesin slot gacor 88
  17. Mesin slot
  18. Link Slot Online
  19. Slot Via Dana
  20. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  7. Slot Hacker
  8. Situs Slot Online Terbaik
  9. Slot Gacor Gampang Menang
  10. Slot Online
  11. Situs Slot Online Terbaik 2022
  12. Slot RTP Pragmatic
  13. Situs Slot Gacor 2022