Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERSEPSI PUTRI PARIWISATA KOTA SAMARINDA TERHADAP TUBUH WANITA DALAM IKLAN WRP (Susi Ayu Lestari, Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani)

Submitted by: Lestari, Susi Ayu
On: May 4, 2021 @ 11:29 AM
IP: 140.213.67.61

  • Judul artikel eJournal: PERSEPSI PUTRI PARIWISATA KOTA SAMARINDA TERHADAP TUBUH WANITA DALAM IKLAN WRP
  • Pengarang (nama mhs): Susi Ayu Lestari, Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini tentang persepsi standar kecantikan yang ditampilkan melalui iklan oleh wanita ditengah terpaan iklan khususnya iklan WRP (Weight Rejuvenation Program). Peneliti menggunakan teori komunikasiHierarchy of Effect untuk menjelaskan faktor-faktor internal psikologis yang mempengaruhi pada tindakan-tindakan yang akan dilakukan, karena melalui iklan, sebuah produk melakukan penjualan dengan cara memberi stimulus (rangsangan) sehingga konsumen menyadari dan mengetahui adanya produk, hal ini menimbulkan ketertarikan, kecenderungan hingga keyakinan mengenai produk sehingga adanya minat atau keinginan untuk membeli. Pada penelitian ini peneliti tertarik untuk membahas pandangan atau persepsi putri pariwisata sebagai seorang wanita yang mengikuti kontes kecantikan tentang fenomena standar kecantikan yang dibentuk oleh media iklan WRP yang memperlihatkan bahwa wanita cantik dengan bentuk tubuh yang ideal. Putri Pariwisata Kota Samarinda tahun 2019 dipilih sebagai informan dalam penelitian ini. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan indikator persepsi terhadap iklan yaitu: Model iklan, Alur cerita yang menarik dan Tingkat kepercayaan khalayak. Maka hasilnya adalah hubungan antara pengalaman dan kebutuhan pribadi serta intensitas, ukuran dan perubahan rangsangan terhadap pembentukan persepsi. Kesadaran adanya standar kecantikan yang disiarkan oleh media, hal ini membentuk persepsi mengenai bentuk tubuh, sehingga persepsi yang terbentuk menghasilkan tindakan seperti mengkonsumsi produk dari iklan yang menjadi stimulus/objek yaitu iklan WRP.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Iklan WRP, Teori History of Effect.
  • NIM: 1502055040
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 9
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Ejournal Susi Ayu Lestari (05-04-21-11-29-03).docx (32 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Ejournal Susi Ayu Lestari (05-04-21-11-29-03).pdf (661 kB)