Persepsi Konsumen Terhadap Kampanye Budaya Beberes KFC Indonesia (Studi Deskriptif pada Konsumen Kalangan Generasi Z di KFC Cabang Hasan Basri Samarinda) (Ria Aswidyanti, Ainun Ni’matu Rohmah, Kadek Dristiana Dwivayani)
Submitted by: Aswidyanti, Ria
On: Jan 29, 2021 @ 2:50 AM
IP: 125.160.64.254
- Judul artikel eJournal: Persepsi Konsumen Terhadap Kampanye Budaya Beberes KFC Indonesia (Studi Deskriptif pada Konsumen Kalangan Generasi Z di KFC Cabang Hasan Basri Samarinda)
- Pengarang (nama mhs): Ria Aswidyanti, Ainun Ni’matu Rohmah, Kadek Dristiana Dwivayani
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kampanye Budaya Beberes adalah program yang mengajak agar konsumen peduli lingkungan dengan membuang sampah sisa makanannyamyang dimulai dari diri sendiri. Khalayak sasarannya adalah Generasi Z sebagaimana target pasar perusahaan. Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi konsumen kalangan Generasi Z terhadap kampanye Budaya Beberes KFC Indonesia secara deskriptif di KFC Hasan Basri Samarinda. Fokus penelitian terdiri dari seleksi, organisasi dan interpretasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling kepada 12 informan utama konsumen kalangan Generasi Z berusia 16-24 tahun dan informan pendukung RGM KFC Hasan Basri Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KFC Hasan Basri Samarinda telah melakukan komunikasi persuasif yang efektif. Konsumen juga lebih terbuka untuk menerima pesan kampanye dibandingkan masa awal kampanye muncul. Mayoritas konsumen telah melihat beberapa media kampanye Budaya Beberes tersebut dan tertarik karena dimaknai sebagai sesuatu yang baru dan inovatif. Sehingga menghasilkan interpretasi positif berupa dukungan terhadap adanya kampanye tersebut. Secara garis besar, konsumen Generasi Z mempersepsikan kampanye Budaya Beberes dapat memberikan kebiasaan kepada masyarakat agar lebih peduli lingkungan sekaligus membantu meringankan kinerja pegawai di gerai. Dukungan tersebut juga dicerminkan dengan tindakan seluruh konsumen yang telah menerapkan Budaya Beberes. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak pelaksana dalam merancang pesan kampanye yang komprehensif agar tujuan kampanye dapat tercapai dan mempengaruhi target sasarannya dengan maksimal.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Konsumen, Kampanye, Generasi Z, Public Relations
- NIM: 1602055016
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Ainun Ni’matu Rohmah, S.I.Kom., M.A., Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 9
- Nomor: 1
- Tahun: 2021
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ria Aswidyanti 1602055016 – Persepsi Konsumen Terhadap Kampanye Budaya Beberes KFC Indonesia (01-29-21-02-50-49).docx (56 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Ria Aswidyanti 1602055016 – Persepsi Konsumen Terhadap Kampanye Budaya Beberes KFC Indonesia (01-29-21-02-50-49).pdf (504 kB)