Strategi Konvergensi Radio RBFM Samarinda Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial (Ambar Anggri Larasati, Abdullah Karim, Hairunnisa)
Submitted by: ,
On: Nov 15, 2021 @ 6:59 AM
IP: 36.85.32.235
- Judul artikel eJournal: Strategi Konvergensi Radio RBFM Samarinda Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial
- Pengarang (nama mhs): Ambar Anggri Larasati, Abdullah Karim, Hairunnisa
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kini beberapa radio di kota Samarinda mulai memanfaatkan media sosial sebagai media pendukung, maka dari itu dalam menghadapi sebuah tantangan dari konvergensi media stasiun radio membutuhkan strategi agar dapat bertahan di tengah persaingan antar media. Penelitian yang akan dilakukan adalah untuk melihat bagaimana strategi konvergensi radio RBFM dalam membangun Brand Awareness melalui media sosial, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi konvergensi radio RBFM Samarinda dalam membangun brand awareness melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan teori Niche dari Dimmick dan Rothenbuhler. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media sosial oleh RBFM Samarinda. Jenis data yang disajikan yakni sumber data primer melalui wawancara mendalam bersama informan dan informan kunci serta sumber data sekunder diperoleh melalui dokumen, situs, catatan, dan beberapa akun media sosial RBFM. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi yang dilakukan oleh radio RBFM Samarinda adalah dengan memperhitungkan segmentasi pendengar, memilih target yang tepat serta melakukan positioning. RBFM sukses membangun brand awareness radio mereka dalam media sosial serta dapat bertahan di tengah persaingan antar media di era konvergensi media. Dari faktor capital terdapat lonjakan pemasukan iklan dan pendapatan dari tahun ke tahun. Faktor types of content, terciptanya pola interaktivitas antar penyiar dan audiens dalam media sosial. Faktor types of audience terpenuhinya kebutuhan informasi bagi para pengikut dan pendengar RBFM serta kepuasan klien pengiklan karena mendapat feedback sesuai harapan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Radio, Brand Awareness, Media Sosial, Teori Niche
- NIM: 1702055007
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Abdullah Karim, M.S & Hj. Hairunnisa, S.sos, M.M
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 9
- Nomor: 3
- Tahun: 2021
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal versi file elektronik (11-15-21-06-59-11).doc (103 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal versi file elektronik (11-15-21-06-59-11).pdf (198 kB)