Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Persepsi Mahasiswi Terhadap Pesan Iklan Wardah Versi “Exclusive Matte Lip Cream” Di Youtube Dalam Membentuk Citra Cantik (Studi Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman) (Luwih Rachmanita, Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip., MM)

Submitted by: ,
On: Jun 24, 2022 @ 7:39 AM
IP: 36.85.0.226

  • Judul artikel eJournal: Persepsi Mahasiswi Terhadap Pesan Iklan Wardah Versi “Exclusive Matte Lip Cream” Di Youtube Dalam Membentuk Citra Cantik (Studi Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman)
  • Pengarang (nama mhs): Luwih Rachmanita, Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip., MM
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pesan iklan merupakan ide atau berita yang dikomunikasikan atau yang disampaikan kepada audience melalui media iklan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis persepsi mahasiswi terhadap pesan iklan Wardah versi “exclusive matte lip cream” di youtube dalam membentuk citra cantik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman. Fokus penelitian yang digunakan mengenai persepsi mahasiswi terhadap pesan iklan Wardah versi “exclusive matte lip cream” di youtube dalam membentuk citra cantik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman meliputi indikator pesan iklan menurut Bovee dalam Apriani (2015:5), yaitu terdiri dari isi pesan (pesan dikemas secara menarik dan rasional), struktur pesan (menampilkan ide cerita yang jelas), format pesan (pemilihan kata, ekspresi wajah, dan gerak tubuh, sumber pesan (daya tarik). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswi terhadap pesan iklan Wardah versi “exclusive matte lip cream” di youtube dalam membentuk citra cantik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 Universitas Mulawarman mendapatkan persepsi positif. Informan mampu memahami pesaniklan Wardah versi “exclusive matte lip cream”. Selain itu, informan juga mengatakan bahwa citra cantik yang ditampilkan dalam iklan tersebut merupakan standar kecantikan perempuan Indonesia yang memiliki tubuh langsing, berkulit putih, dan rambut hitam. Namun, terlepas dari itu semua informan meyakini jika semua perempuan itu cantik tetapi tidak harus seperti apa yang ditampilkan di dalam iklan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Iklan, Citra Cantik
  • NIM: 1502055005
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 10
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Luwih Rachmanita FIX NO COVER (06-24-22-07-39-53).docx (28 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Luwih Rachmanita FIX NO COVER (06-24-22-07-39-53).pdf (646 kB)