Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Persepsi Siswa SMA 13 Samarinda Terhadap Kampanye Anti Narkoba BNN Kota Samarinda (Fachrian Nur, M. Ali Adriansyah, Kadek Dristiana Dwivayani)

Submitted by: Nur, Fachrian
On: Feb 10, 2022 @ 4:56 PM
IP: 36.85.32.41

  • Judul artikel eJournal: Persepsi Siswa SMA 13 Samarinda Terhadap Kampanye Anti Narkoba BNN Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Fachrian Nur, M. Ali Adriansyah, Kadek Dristiana Dwivayani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye anti narkoba dalam meningkatkan pemahaman remaja terhadap bahaya narkoba.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah 4 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dan studi lapangan (field work research) dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/ verification). Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan kampanye anti narkoba yang dilakukan oleh BNN kota Samarinda masih memiliki banyak kelemahan dan kekurangan, sebagaimana hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti bersama narasumber. Dimana berdasarkan persepsi latar belakang budaya maka pergaulan remaja di era modern ini sangat mudah terjadinya penyebaran dan penyalahgunaan narkoba apabila salah dalam memilih pergaulan.Berdasarkan persepsi masa lalu memberikan efek yang baik terhadap para remaja tapi efek tersebut tidak begitu terlihat signifikan karena hanya bersifat sementara.Berdasarkan persepsi nilai-nilai yang dianut sebaiknya pihak BNN lebih memiliki ide-ide yang kreatif agar para siswa yang mengikuti kampanye memberikan kesan dan penilaian sesuai yang diharapkan oleh pihak BNN.Berdasarkan persepsi berita-berita yang berkembang beberapa berita yang mereka ikuti di media social cukup memberikan efek yang positif karena memberikan edukasi mengenai narkoba dan lebih memahami efek dari penyalahgunaan narkoba.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Remaja, dan Kampanye Anti Narkoba.
  • NIM: 1402055031
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: M. Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si, Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 10
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi Fachrian Nur baru (02-10-22-04-56-49).docx (72 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi Fachrian Nur acc (02-10-22-04-56-49).pdf (273 kB)