Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi (Studi Pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman) (Dwi Kurniawan, Sugandi, Nurliah)

Submitted by: Kurniawan, Dwi
On: Dec 15, 2020 @ 1:44 AM
IP: 125.160.65.107

  • Judul artikel eJournal: Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi (Studi Pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman)
  • Pengarang (nama mhs): Dwi Kurniawan, Sugandi, Nurliah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana minat mahasiswa dalam menggunakan whatsapp sebagai media komunikasi. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang pertama kali diperkenalkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974 dalam bukunya The Uses on Mass Communication : Current Perspectives on Gratifications Research. Penelitian yang menggunakan Uses and Gratifications memusatkan perhatian pada kegunaan isi media untuk memperoleh gratifikasi atau pemenuhan kebutuhan. Metode penelitian Deskriptif kualitatif dengan menentukan informan menggunakan teknik Accidental sampling. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber tertulis seperti literatur, artikel dari surat kabar, tulisan ilmiah, keterangan-keterangan atau publikasi dari internet. Teknik pengumpulan data dengan Riset lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif oleh Miles and Huberman dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam penggunaan media sosial Whatsapp sebagai media komunikasi, yaitu : faktor dorongan dari dalam, faktor motif sosial dan faktor emosional. Faktor dorongan dari dalam merupakan upaya dalam memenuhi kebutuhan berkomunikasi sehari-hari. Faktor motif sosial memilki pengaruh yang cukup besar karena alasan untuk tetap dapat menjaga komunikasi dengan orang-orang disekitar. Faktor emosional adalah Perasan senang yang dirasakan setelah menggunakan Whatsapp karena Whatsapp dapat membantu dan mempermudah komunikasi dengan orang lain.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Minat, Mahasiswa, Media Sosial, Whatsapp Messenger, Media Komunikasi
  • NIM: 1302055258
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si dan Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 8
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Dwi Kurniawan_1302055258 (12-15-20-01-44-00).docx (50 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Dwi Kurniawan_1302055258 (12-15-20-01-44-00).pdf (196 kB)

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022