Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Strategi Komunikasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Samarinda Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Kota Samarinda (Ismah Maulidah , Endang Erawan , Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: ,
On: Feb 5, 2020 @ 6:58 AM
IP: 180.248.83.36

  • Judul artikel eJournal: Strategi Komunikasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Samarinda Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Ismah Maulidah , Endang Erawan , Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu menyusun pesan, menetapkan metode dan penggunaan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan empat komponen yaitu pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, strategi komunikasi Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Samarinda dalam meningkatkan kemandirian ekonomi perempuan Kota Samarinda, peneliti menemukan banyaknya kelemahan dalam perumusan strategi yaitu dalam penyusunan pesan yang akan disampaikan pada saat kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis, menetapkan metode penyampaian dan pelaksanaan yaitu kegiatan sosialiasi dan bimbingan teknis yang dilaksanakan hanya satu kali dan tidak berulang serta penggunaan media strategi komunikasi seperti materi power point dan lembar biodata yang dibagikan kepada peserta kegiatan yang masih jauh dari kata baik dan tepat untuk digunakan dalam penyampaian pesan strategi komunikasi. Strategi komunikasi yang digunakan DP2PA Kota Samarinda dalam meningkatkan kemandirian ekonomi perempuan Kota Samarinda melalui kegiatan sosialiasi secara langsung yang merupakan kegiatan untuk menyampaikan, menginformasikan, mengembangkan serta mengarahkan dan mengedukasi masyarakat khususnya perempuan sebagai agen perubahan agar dapat mengelola dan mengolah hasil dari usaha pangan yang dimiliki tentang pentingnya mengurus surat ijin usaha pangan, bagaimana mengelola hasil pangan sesuai dengan standar kesehatan, serta bagaimana cara memasarkan hasil pangan yang sudah di olah melalui media online yang dimiliki pemerintah. Sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat khususnya perempuan yang memiliki usaha bisa menerapkannya dikehidupannya
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kemandirian E
  • NIM: 1302055080
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si dan Annisa Wahyuni A., S.IP., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL PDD ismah (02-05-20-06-58-17).docx (51 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL PDD ismah (02-05-20-06-58-17).pdf (273 kB)