Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

KOMUNIKASI ANTARPERSONAL PENGAJAR DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH BORNEO MADANI KOTA SAMARINDA (Lisnawati,Hj Hairunnisa,Kheyene Molekandella Boer)

Submitted by: ,
On: Oct 31, 2019 @ 5:12 AM
IP: 182.1.173.176

  • Judul artikel eJournal: KOMUNIKASI ANTARPERSONAL PENGAJAR DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH BORNEO MADANI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Lisnawati,Hj Hairunnisa,Kheyene Molekandella Boer
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpersonal pengajar dalam membangun pendidikan karakter anak jalanan di Rumah Singgah Borneo Madani Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu Metode ini digunakan dengan cara mendepskripsikan serta menganalisis data yang telah diperoleh dan selanjutnya dijabarkan dalam bentuk penjelasan sebenarnya. Dalam penelitian ini menggunakan konsep komunikasi antarpersonal oleh Devito yang mengemukakan suatu komunikasi antarpersonal mengandung ciri efektifitas sebagai berikut : keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan atau kesetaraan. Pengajar lebih banyak menyampaikan materi dengan cara verbal dan nonverbal. Dalam berkomunikasi pengajar harus menerapkan lima aspek tersebut yaitu keterbukaan, empati, Sikap mendukung, Sikap positif, dan Kesetaraan. Adapun faktor pendukung dalam penerapan komunikasi antarpersonal ini adalah memotivasi anak didik di Rumah Singgah dengan memberikan stimulan dan pujian-pujian yang membangkitkan semangat anak serta mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam Rumah Singgah dan lingkungan tempat tinggalnya. Hasil yang dicapai melalui komunikasi antarpersonal pengajar dalam membangun pendidikan karkater anak jalanan mampu mengatasi permasalahan anak tersebut, mengubah prilaku anak, mengubah sikap anak menjadi lebih baik, menjadikan anak bertanggung jawab, jujur, disiplin, cerdas, perduli, kreatif, gotong royong dan mampu merubah sosial anak dalam lingkungan yang terus tumbuh.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Antarpersonal, Pengajar, Pendidikan Karakter.
  • NIM: 1202055187
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM, Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Lisnawati (10-31-19-05-12-16).doc (167 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Lisnawati (10-31-19-05-12-16).pdf (798 kB)

Print Friendly, PDF & Email