Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP IKLAN CLEAN AND CLEAR VERSI 1000 SUKU INDONESIA, WARNA KULIT BERBEDA DI YOUTUBE (Studi Deskriptif pada Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda) (Annisa Setianing, Lailatul Hijrah, Kadek Dristiana Dwivayani)

Submitted by: ,
On: Oct 22, 2019 @ 2:25 AM
IP: 180.248.123.154

  • Judul artikel eJournal: PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP IKLAN CLEAN AND CLEAR VERSI 1000 SUKU INDONESIA, WARNA KULIT BERBEDA DI YOUTUBE (Studi Deskriptif pada Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Annisa Setianing, Lailatul Hijrah, Kadek Dristiana Dwivayani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan persepsi remaja putri jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda terhadap tayangan iklan Clean & Clear versi 1000 suku Indonesia, warna kulit berbeda di Youtube. Fokus penelitian yang digunakan mengenai persepsi remaja putri Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda terhadap iklan Clean & Clear versi “1000 Suku Indonesia, warna Kulit Berbeda” di Youtube meliputi tahapan persepsi, yaitu sensasi (penginderaan), atensi (perhatian), dan interpretasi (penafsiran). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Purposive Sampling kepada para informan yang terdiri dari seorang Guru dan beberapa siswi Jurusan tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 3 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan (observasi), wawancara kepada para informan yang dipilih melalui Purposive Sampling berdasarkan beberapa kriteria-kriteria tertentu, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi remaja Jurusan tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda terhadap iklan Clean and Clear Versi 1000 suku Indonesia Warna Kulit Berbeda di Youtube mendapatkan respon positif. Para informan menyukai ide bahwa cantik “gak harus putih” dan pemakain model berkulit hitam yang membangun rasa kepercayaan diri pada para remaja.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Iklan, Warna kulit.
  • NIM: 1402055028
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Lailatul Hijrah, M.Si & Kadek Dristiana D, S.Sos, M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal annisa ganjil (10-22-19-02-25-03).docx (51 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal annisa ganjil (10-22-19-02-25-03).pdf (360 kB)