Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Pengaruh Terpaan Game Online Terhadap Perilaku Belajar Siswa Sdn 006 Kelurahan Selili (Manutmasa Pricilia Sara,Sugandi,Johantan Alfando WS)

Submitted by: ,
On: Aug 13, 2019 @ 4:04 AM
IP: 36.83.32.168

  • Judul artikel eJournal: Pengaruh Terpaan Game Online Terhadap Perilaku Belajar Siswa Sdn 006 Kelurahan Selili
  • Pengarang (nama mhs): Manutmasa Pricilia Sara,Sugandi,Johantan Alfando WS
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Perilaku belajar mengandung kebiasaan dan cara-cara belajar yang dianut siswa. Perilaku belajar yang baik akan berpengaruh pada hasil belajar pula. Faktor yang mempengaruhi perilaku belajar meliputi faktor internal yang ada dalam diri individu yang sedang belajar dan faktor eksternal adalah faktor yang ada diluar diri individu salah satunya adalah game online. Tentunya game online bukan jenis permainan baru dikalangan siswa bahkan hampir semua siswa sekolah dasar bisa memainkannya baik di warnet ataupun di smartphone sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan game online terhadap perilaku belajar siswa SDN 006 Kelurahan Selili. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode statistik deskriptif, menggunakan teknik stratified random sampling dalam memilih responden penelitian. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berasal dari kuisioner yang dibagikan dan sumber data sekunder yang berasal dari buku, internet dan sumber lainnya. Hasil penelitian adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari terpaan game online terhadap perilaku belajar siswa SDN 006 Kelurahan Selili. Siswa dan siswi yang gemar bermain game online ini mengalami penurunan dalam perilaku belajar namun hanya sebesar 38,3% yang dapat juga dikategorikan lemah. Berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil analisi regresi linear sederhana diketahui hasil Y = 173,89 – 1,38X. Pengujian hipotesis dengan uji t, diketahui bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu -5,621 < 2,021, maka dapat dinyatakan Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan teori dan hasil penelitian tidak ditemukannya pengaruh dari bermain game online terhadap perilaku belajar siswa SDN 006 Kelurahan Selili.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Game online, Perilaku Belajar
  • NIM: 1402055026
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si, Johantan Alfando WS, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Manutmasa Pricilia Sara (08-13-19-04-04-18).doc (155 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Manutmasa Pricilia Sara (08-13-19-04-04-18).pdf (862 kB)