Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @GEPREKEXPRESS DALAM MEMPROMOSIKAN RESTORAN GEPREK EXPRESS (Reinhart Abedneju Sondakh, Endang Erawan, Sarwo Edy Wibowo)

Submitted by: ,
On: Feb 19, 2019 @ 2:11 AM
IP: 36.83.56.160

  • Judul artikel eJournal: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @GEPREKEXPRESS DALAM MEMPROMOSIKAN RESTORAN GEPREK EXPRESS
  • Pengarang (nama mhs): Reinhart Abedneju Sondakh, Endang Erawan, Sarwo Edy Wibowo
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @geprekexpress dalam mempromosikan restoran Geprek Express. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dokumentasi dalam penelitian ini adalah akun Instagram Geprek Express, yaitu @geprekexpress dan narasumber wawancara dalam penelitian ini adalah Pengelola akun Instagram Geprek Express. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Fokus penelitian ini adalah menganalisis akun Instagram Geprek Express menggunakan 7C Framework yang dikemukakan oleh Jeffrey F Rayport dan Bernard J Jaworski, yaitu context, content, community, customization, communication, connection, dan commerce; dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @geprekexpress dalam mempromosikan restoran Geprek Express. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Instagram sebagai media promosi Geprek Express memiliki fitur-fitur yang memenuhi enam elemen dari 7C Framework, yaitu context, content, community, communication, connection, dan commerce. Context berperan dalam menarik minat, content berperan menentukan respon target sasaran, community berperan menyebarkan pesan secara luas dan personal, communication berperan menjalin interaksi antara Geprek Express dan pengguna Instagram lainnya, connection berperan memberikan kemudahan akses informasi dalam sekali klik melalui tautan, tag, dan hastag, sedangkan commerce berperan mendorong terjadinya pembelian. Kekuatan utama Instagram terletak pada content, community, dan connection. Satu-satunya elemen yang tidak terpenuhi adalah customization. Faktor pendukung pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @geprekexpress dalam mempromosikan restoran Geprek Express adalah Instagram sebagai salah satu aplikasi gratis dan populer yang dapat diunduh siapa saja, kemudahan penggunaan fitur yang diberikan Instagram, mudah dan cepat dalam penyebaran informasi, dan sasaran pelanggan lebih luas. Faktor penghambat pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @geprekexpress dalam mempromosikan restoran Geprek Express adalah tidak semua followers memberikan like dan komentar pada setiap unggahan akun @geprekexpress dan penyebaran feedback atau komentar yang negatif dari pengguna Instagram lainnya tidak dapat dicegah secara cepat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Instagram, New Media, Promosi, 7C Framework
  • NIM: 1102055241
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si., Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Reinhart Abedneju Sondakh (02-19-19-02-11-36).doc (126 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Reinhart Abedneju Sondakh (02-19-19-02-11-36).pdf (667 kB)

Print Friendly, PDF & Email