Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Pengaruh Terpaan Online Shop Di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul) (Adnan Rico Saputra , Hairani Lubis , Sarwo Eddy Wibowo)

Submitted by: ,
On: Jan 30, 2019 @ 4:01 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: Pengaruh Terpaan Online Shop Di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul)
  • Pengarang (nama mhs): Adnan Rico Saputra , Hairani Lubis , Sarwo Eddy Wibowo
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan online shop di Instagram terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis penelitian deksriptif kuantitatif.. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik skala likert. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Temuan statistik menunjukkan bahwa hasil analisis regresi sederhana terpaan online shop dengan perilaku konsumtif memiliki pengaruh yang signifikan dengan perolehan F hitung lebih dari F tabel = 9,100 > 3,957 dan signifikansi sebesar 0,003. Karena angka signifikansi 0,003 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Yaitu, terdapat pengaruh terpaan online shop di Instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Mulawarman. Dengan besarnya peranan (Adjusted R Square) terpaan online shop dalam mempengaruhi perilaku konsumtif sebesar 8,9%. Adapun berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa dari semua aspek variabel independen yang diuji secara parsial yaitu frekuensi terpaan, selective attention, motivasi, kepercayaan, pendapat dan pembujukan, serta keperibadian dan penyesuaian diri tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Instagram, terpaan online shop, perilaku konsumtif
  • NIM: 1402055161
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hairani Lubis dan Sarwo Eddy Wibowo
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal adnan (01-30-19-04-01-06).doc (142 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal adnan (01-30-19-04-01-06).pdf (547 kB)