HUBUNGAN KOMUNIKASI PROGRAM CSR DAN KARAKTERISTIK UMKM DI OLSABARA SANGATTA DENGAN CITRA PT. KALTIM PRIMA COAL (Arssya Khoirunnisa, Erwiantono, Sarwo Edy Wibowo)
Submitted by: ,
On: Oct 4, 2018 @ 2:01 AM
IP: 36.83.41.132
- Judul artikel eJournal: HUBUNGAN KOMUNIKASI PROGRAM CSR DAN KARAKTERISTIK UMKM DI OLSABARA SANGATTA DENGAN CITRA PT. KALTIM PRIMA COAL
- Pengarang (nama mhs): Arssya Khoirunnisa, Erwiantono, Sarwo Edy Wibowo
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif pada program CSR PT KPC di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan citra perusahaan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat Assosiatif. Kemudian Populasi dalam penelitian ini adalah supplier produk ke Olsabara Sangatta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer merupakan sumber data yang diperoleh melalui responden dengan cara memberikan kuesioner dan wawancara secara langsung. Data sekunder melalui media perantara seperti literatur yang berhubungan dengan penelitian, buku pedoman, dan situs internet resmi yang relevan. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik dengan rumus korelasi rank Spearman, untuk mencari koefisien korelasi. Kemudian Uji Hipotesis atau uji signifikansi harga rs menggunakan uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa Komunikasi Program CSR mempunyai hubungan dengan Citra PT Kaltim Prima Coal dengan nilai korelasi (rs) sebesar ) 0,678. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan variabel X1 dan Y dikategorikan kuat. Sedangkan hubungan karakteristik UMKM di Olsabara Sangatta dengan citra PT Kaltim Prima Coal dengan nilai korelasi (rs) sebesar 0,513 yang artinya hubungannya dikateorikan cukup. Hasil dari pembuktian kebenaran hipotesis yaitu nilai t hitung untuk hubungan X1 dengan Y = 5,97 > dari t tabel = 2,021 sedangkan nilai t hitung untuk hubungan X2 dengan Y = 3,87 > dari t tabel = 2,021. Jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Hubungan komunikasi program CSR dan karakteristik UMKM di Olsabara Sangatta dengan Citra PT.KPC.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): CSR, efektivitas komunikasi, citra perusahaan
- NIM: 1302055004
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Erwiantono, M.Si & Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., MM
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 6
- Nomor: 4
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL Arssya K (1302055004) (10-04-18-02-01-05).docx (61 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL Arssya K (1302055004) (10-04-18-02-01-05).pdf (324 kB)