Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENUNJANG PERAN DUTA WISATA 2016-2017 DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATADI KALIMANTAN TIMUR (YUNITA NAINGGOLAN)

Submitted by: ,
On: Aug 3, 2018 @ 1:36 AM
IP: 125.160.79.57

  • Judul artikel eJournal: PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENUNJANG PERAN DUTA WISATA 2016-2017 DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATADI KALIMANTAN TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): YUNITA NAINGGOLAN
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri, seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet tanpa biaya besar, tanpa alat mahal, dan dilakukan sendiri. Media sosial saat ini juga banyak digunakan sebaga alat memposting atau mengunggah produk, promosi, hiburan, dan evant yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan dapat dijangkau dengan luas. Awal penelitian ini dilihat saat pemilihan Duta Wisata Kalimantan Timur pada tahun 2016 yang di menangkan oleh Syabab Azhar dan Puput Islamitha yang terpilih sebagai Duta Wisata Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media sosial instagram Duta Wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di kantor Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan berupa observasi, wawancara, dan peneltian terakit data-data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial instagram untuk menunjang peran duta wisata 2016-2017 dalam mempromosikan pariwisata di kalimantan timur belum digunakan secara maksimal seperti fitur-fitur yang ada instagram, isi konten promosi belum tersampaikan secara maksimal, kurangnya informasi pariwisata, budaya, event, kegiatan sosial selama masa jabatan Duta Wisata. Sehingga penggunaan media sosial instagram belum tersampaikan secara maksimal kepada sesama pengguna media sosial instagram dan konten promosi penyebarannya belum tersampaikan secara luas.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): : Media Sosial, Instagram, Duta Wisata
  • NIM: 1302055097
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: M. Zaini dan Fareis Althalets
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal yunita (08-03-18-01-36-02).doc (115 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal yunita (08-03-18-01-36-02).pdf (124 kB)