Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMARINDA (Adi Putra Pratama)

Submitted by: ,
On: Feb 16, 2018 @ 10:36 AM
IP: 36.75.36.188

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Adi Putra Pratama
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik Purposive sampling. Fokus penelitian ini adalah 5 metode komunikasi pemasaran terpadu (Intergrated Marketing Communication) yaitu metode periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan penjualan personal. Hasil penelitian ini menunjukan kelima metode ini sangat berperan penting dalam strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda. Kelima hasil tersebut adalah Periklanan yakni Dinas Pariwisata menggunakan media luar ruang seperti baliho, spanduk, billboard yang dipasang di jalan-jalan protokol. Promosi penjualan yakni melalui serangkaian pagelaran event pariwisata dan promosi di daerah lain. Hubungan masyarakat juga dapat dilihat dari pemilihan duta wisata Kalimantan timur yang akan mempromosikan Sarung Samarinda baik tingkat lokal maupun nasional. Pemasaran Langsung yakni Dinas pariwisata berusaha untuk terus melakukan pendekatan-pendekatan dengan pemrakarsa acara dan pagelaran event. Penjualan Personal yakni Dinas Pariwisata memberikan pendampingan mengenai penjualan personal melalui media sosial dan Setiap pagelaran event disediakan booth khusus untuk berjualan sarung Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi komunikasi, promosi, sarung samarinda, dinas pariwisata, Intergrated Ma
  • NIM: 1102055039
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Silviana Purwanti, Sarwo Edy Wibowo
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Adi (02-16-18-10-36-30).doc (104 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Adi (02-16-18-10-36-30).pdf (75 kB)

Print Friendly, PDF & Email