Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PROSES PUBLIC RELATIONS PT. KALTIM PRIMA COAL (KPC) DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PETERNAKAN SAPI TERPADU (PESAT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (FATHILILLAH WAHYU SUDIRO)

Submitted by: SUDIRO, FATHILILLAH
On: Feb 2, 2018 @ 7:25 AM
IP: 110.139.160.230

  • Judul artikel eJournal: PROSES PUBLIC RELATIONS PT. KALTIM PRIMA COAL (KPC) DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PETERNAKAN SAPI TERPADU (PESAT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN
  • Pengarang (nama mhs): FATHILILLAH WAHYU SUDIRO
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Fathilillah Wahyu Sudiro, 1302055054, Proses Public Relations PT. Kaltim Prima Coal (KPC) Dalam Implementasi Program Peternakan Sapi Terpadu (PESAT) Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Perusahaan. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Erwin Resmawan., M. Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Drs. Ghufron, M. Si selaku dosen pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis proses public relations PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dalam implementasi program Peternakan Sapi Terpadu (PESAT) sebagai upaya meningkatkan citra positif perusahaan. Model penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan fokus penelitian antara lain penemuan fakta, perencanaan, komunikasi, evaluasi. Serta sumber data primer pada penelitian ini ialah pihak PT. KPC, kelompok tani, dan masyarakat. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada tahap penemuan fakta (fact-finding) divisi PR melakukan analisis situasi yaitu program pemerintah daerah dan pusat serta UU, dan Peraturan Bupati yang melandasi berdirinya PESAT. Tahap selanjutnya yaitu perencanaan (planning) divisi PR berkolaborasi dengan akademisi (IPB, STIPER, UNMUL), komunitas, kelompok tani, YSB dan masyarakat. Pada tahap komunikasi (communication) divisi PR menjalin hubungan baik dengan wartawan dengan berbagai kegiatan bersama. Kegiatan publikasi PESAT melalui penyuluhan, media massa, pameran, buletin dan website. Tahap evaluasi (evaluation) divisi PR melakukan evaluasi sekali dalam sebulan, pada kasus tertentu evaluasi menjadi sekali dalam seminggu. Evaluasi pada bidang publikasi dilakukan dengan mengadakan kegiatan di PESAT. Berdasarkan proses PR dalam implementasi program PESAT sudah dapat meningkatkan citra positif PT. Kaltim Prima Coal.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Proses Public Relations, Program PESAT, Citra Positif
  • NIM: 1302055054
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M. Si dan Drs. Ghufron, M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): FATHILILLAH WAHYU SUDIRO (1302055054) (02-02-18-07-25-55).docx (56 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): FATHILILLAH WAHYU SUDIRO (1302055054) (02-02-18-07-25-55).pdf (584 kB)

Print Friendly, PDF & Email