Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BAGI SISWA PENYANDANG AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA RUHUI RAHAYU C SAMARINDA (Deny Arnold)

Submitted by: ,
On: Oct 11, 2017 @ 4:13 AM
IP: 36.75.94.98

  • Judul artikel eJournal: PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BAGI SISWA PENYANDANG AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA RUHUI RAHAYU C SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Deny Arnold
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Deny Arnold, Peran Komunikasi Guru Dalam Penerapan Kompetensi Pedagogik Bagi Siswa Penyandang Autisme Di Sekolah Luar Biasa Ruhui Rahayu C Samarinda Bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Kadek Dristiana Dwivayani S.Sos, M.Med.Kom selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu peran komunikasi guru serta kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru dalam mengajar siswa penyandang autisme yang diketahui memiliki keterbatasan dalam kemampuan menerima dan mengeluarkan respon. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan wawancara langsung serta data sekunder menggunakan artikel, sumber tertulis terutama sumber online yang relevan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan (Sugiyono, 2006:212). Menggunakan analisis data dengan metode Miles dan Huberman yaitu analisis data yang diawali dengan proses pengumpulan, reduksi, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penyajian data yang diperoleh dan penguraian pada pembahasan penelitian ini, diketahui bahwa Guru di Sekolah Luar Biasa Ruhui Rahayu C Samarinda memilih berkomunikasi secara verbal kepada siswanya karena siswa autisme memahami pesan yang disampaikan hanya saja mereka kesulitan untuk melakukan respon seperti apa yang harus diberikan, dalam mengatasi permasalahan ini guru terbantu dengan penggunaan komunikasi nonverbal karena komunikasi non verbal yang disampaikan melalui gerakan tubuh lebih mudah di mengerti oleh siswa penyandang autisme. Hal ini menunjukan guru di Sekolah Luar Biasa Ruhui Rahayu C Samarinda ini memiliki kemampuan dalam berkomunikasi mengajar siswa penyandang autisme dan dapat memilih bentuk komunikasi yang tepat ketika kalimat yang disampaikan tidak dapat dipahami oleh siswa.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Komepetensi Pedagogik, Guru, Siswa, Autisme
  • NIM: 1002055141
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani S.Sos, M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL DENY NEW (10-11-17-04-13-29).doc (111 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL DENY NEW (10-11-17-04-13-29).pdf (69 kB)