REPRESENTASI KOMUNIKASI INTERAKTIF BUDAYA BARAT PADA FILM “CHEF” KARYA JOHN FAVREAU (FAHRIAN)
Submitted by: , Fahrian
On: Aug 22, 2017 @ 6:46 AM
IP: 180.248.100.88
- Judul artikel eJournal: REPRESENTASI KOMUNIKASI INTERAKTIF BUDAYA BARAT PADA FILM “CHEF” KARYA JOHN FAVREAU
- Pengarang (nama mhs): FAHRIAN
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda konotasi dan denotasi dalam film Chef. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori semiotik dengan model Roland Barthes. Barthes mengembangkan semiotik dengan dua tingkatan pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi yang menghasilkan makna eksplisit untuk memahami makna yang terkandung dalam film ini. Dalam kerangka Barthes, konotasi identik dengan operasi, yang disebutnya sebagai “mitos” dan berfungsi untuk mengungkapkan dan memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu. Film Chef, memiliki makna denotasi sebagai film yang menggambarkan perjalanan karir seorang chef masa kini yang kesehariannya tidak lepas dari pengaruh media sosial yang dimana menjadi batu sandungan bagi karirnya. Penuh konflik hingga kemudian mampu kembali bangkit ke puncak karirnya dengan media sosial itu pula. Sedangkan makna konotasinya, seseorang yang memiliki karir atau pekerjaan yang bersentuhan secara langsung atau tidak langsung dengan media sosial dapat dengan mudah menjadi bagian dari isi berita atau pesan yang dikomunikasikan. Pesan atau berita yang telah menjadi isi dari media sosial tersebut dapat menjadi hal yang buruk bagi orang yang terlibat didalamnya jika isi pesan atau berita tersebut mengandung makna negatif. Dan sebaliknya akan menjadi batu loncatan yang baik jika dimanfaatkan dengan mengisi pesan atau berita tentang hal-hal yang positif. Film yang tergolong dalam film motivasi ini menegaskan mitos, bahwa manusia memerlukan komunikasi yang efektif dalam kehidupan. Karena manusia adalah makhluk sosial, baik itu komunikasi verbal maupun nonverbal sangat dibutuhkan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Representasi Komunikasi Interaktif, Analisis Semiotika Roland Barthes, Film C
- NIM: 0902055023
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Inda Fitriyarini, S.Sos., M.Si dan Hikmah, S.Sos.,M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 5
- Nomor: 3
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL GENAP SELESAI don (08-22-17-06-46-14).rtf (211 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL GENAP SELESAI don (08-22-17-06-46-14).pdf (96 kB)