Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

TERPAAN GROUP BUBUHAN SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN USAHA KULINER DI KOTA SAMARINDA (Edy Wahyudi)

Submitted by: ,
On: Jul 17, 2017 @ 7:23 AM
IP: 110.136.198.6

  • Judul artikel eJournal: TERPAAN GROUP BUBUHAN SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN USAHA KULINER DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Edy Wahyudi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Edy Wahyudi, 1002055182, Terpaan group Bubuhan Samarinda dalam meningkatkan usaha kuliner dikota Samarinda, di bawah bimbingan Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M selaku dosen pembimbing I, Hikmah, S.Sos., M.A selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa, bagaimanakah terpaan group Bubuhan Samarinda dalam meningkatkan usaha kuliner di kota Samarinda.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis dengan responden dalam penelitian ini adalah pengusaha kuliner yang menggunakan group Bubuhan Samarinda sebagai media promosinya, yang berjumlah 5 orang dan 1 orang key informan yaitu admin group Bubuhan Samarinda. Usaha yang digunakan para pengusaha kuliner di group Bubuhan Samarinda untuk meningkatkan perekenomomian melalui facebook dengan konten berupa artikel yang bermanfaat dan berkaitan dengan usaha.Melakukan jadwal untuk pembaruan postingan di group Bubuhan Samarinda dengan waktu yang telah ditentukan agar konsumen melihat dan mengingat usaha yang kuliner yang di pasarkan, membangun komunikasi dengan pelanggan group Bubuhan Samarinda yang memesan usaha dagangannya dengan cara merespon secara cepat permintan dan pertanyaan dari konsumen. Respon pengusaha terhadap usaha kuliner di group Bubuhan Samarinda untuk meningkatkan usaha melalui Facebook dalam segi sosial maupun electronic sangat bagus. Hal itu menunjukan bahwa apa yang dilakukan pengusaha untuk meningkatkan usaha kulinernya melalui group Bubuhan Samarinda sangat mempengaruhi perkrmbangan usaha. Meski sebagian besar pengusaha belum menjadikan group bubuhan samarinda sebagai satu-satunya media untuk memperkenalkan usahanya namun pengusaha kuliner sudah mengetahui bahwa di group Bubuhan Samarinda menjadi salah satu tempat promosi usaha yang paling diminati oleh masyarakat baik luar dan dalam kota Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Terpaan Media, Bubuhan Samarinda, Usaha Kuliner
  • NIM: 1002055182
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunisa, S.Sos.,M.M dan Hikmah, S.Sos.,M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Cover (07-17-17-07-23-13).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Cover 1 (07-17-17-07-23-13).pdf (72 kB)