Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Efektivitas Iklan Televisi Pt Telkomsel Versi Slogan “Paling Indonesia” Dalam Upaya Peningkatan Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Di Kelurahan Selili, Samarinda) (Regita Bayu Pranata)

Submitted by: Bayu, Regita
On: Nov 21, 2016 @ 6:47 AM
IP: 36.83.46.180

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Iklan Televisi Pt Telkomsel Versi Slogan “Paling Indonesia” Dalam Upaya Peningkatan Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Di Kelurahan Selili, Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Regita Bayu Pranata
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas yang terjadi dalam pmenarik minat beli masyarakat untuk menggunakan produk Telkosmel. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui seberapa besar efektivitas pada sebuah iklan slogan yang terjadi di masyarakat tentang strategi Telkomsel dengan mengeluarkan iklan slogan sebagai salah satu cara menarik minat beli masyarakat untuk menggunakan produk Telkomsel khususnya di kota Samarinda.
    Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Yaitu penelitian yang berusaha untuk menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diteliti berdasarkan fakta dilapangan dengan menggunakan responden sebagai sumber data , data – data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui penyebaran angket kuesioner , observasi lapangan, dokumentasi kegiatan, referensi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana.
    Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi yang berarti efektivitas iklan slogan “Paling Indonesia” dalam minat beli masyarakat untuk menggunakan produk Telkomsel hanya berpengaruh sebesar 49,2% saja. Efektivitas sebesar ini menunjukan bahwa ada efektivitas yang terjadi tetapi jika diukur dengan skala maka masih sangat kurang walaupun sudah hampir dari setengahnya namun belum signifikan untuk dapat menarik minat beli masyarakat secara mendalam. Hal ini terjadi karena masih banyak hal atau faktor – faktor yang menarik minat beli masyarakat untuk menggunakan produk Telkomsel. Jadi kesimpulannya adalah iklan slogan Telkomsel memiliki efektivitas dalam minat beli masyarakat untuk menggunakan produk Telkomsel
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Iklan Slogan, Minat Beli Masyarakat, Telkomsel
  • NIM: 1202055020
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos, MM , Yuniarti, S.Ip, M,Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL ONLINE BAYU (1) (11-21-16-06-47-52).doc (156 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL ONLINE BAYU (1) (11-21-16-06-47-52).pdf (323 kB)