Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ASTRA HONDA MOTOR TERHADAP KESADARAN MEREK MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN (Alexandra Marizha)

Submitted by: ,
On: Nov 2, 2016 @ 11:28 AM
IP: 180.248.69.5

  • Judul artikel eJournal: HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ASTRA HONDA MOTOR TERHADAP KESADARAN MEREK MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • Pengarang (nama mhs): Alexandra Marizha
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Marizha, A, 2016. Hubungan strategi komunikasi pemasaran PT. Astra Honda Motor terhadap kesadaran merek mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Mulawarman Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Mulawarman Dosen Pembimbing: (1) Hj. Hairunisa, S.Sos M.M (2) Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., M.M. Strategi komunikasi pemasaran yang semakin beragam menuntut PT. Astra Honda Motor selaku produsen sepeda motor terbesar di Indonesia untuk lebih teliti memilih strategi komunikasi pemasaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan kesadaran merek bagi para konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara strategi komunikasi pemasaran PT. Astra Honda Motor terhadap kesadaran merek mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Mulawarman Samarinda. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi pemasaran milik Kotler yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, pemasaran langsung. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berasar dari kuesioner dan data sekunder sedangkan teknik sampling yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode random sampling dimana responden dalam penelitian ini dipilih secara acak tanpa menggunakan kriteria khusus (Bebas). Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara strategi komunikasi PT. Astra Honda Motor terhadap kesadaran merek mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Mulawarman Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung = 22,800 > Ftabel = 3.090. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan strategi komunikasi PT. Astra Honda Motor sebesar 49,50% terhadap kesadaran merek mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Mulawarman Samarinda. Artinya adalah para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Mulawarman Samarinda menganggap bahwa strategi komunikasi yang sudah dijalankan oleh PT. Astra Honda Motor membuat timbulnya kesadaran merek didalam diri mereka, meskipun hanya tidak semuanya disebabkan oleh strategi komunikasi pemasaran itu sendiri melainkan melalui faktor-faktor eksternal lainnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Hubungan, Strategi Komunikasi Pemasaran, Kesadaran Merek.
  • NIM: 1202055188
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunisa, S.Sos M.M & Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (11-02-16-11-28-19).doc (238 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (11-02-16-11-28-19).pdf (326 kB)