Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

EFEK TAYANGAN KOKORO NO TOMO DI METRO TV PADA PENERAPAN BUDAYA JEPANG (STUDI PADA KOMUNITAS JAPAN CLUB EAST BORNEO DI SAMARINDA) (Agung Handoko)

Submitted by: ,
On: Aug 8, 2016 @ 5:24 AM
IP: 180.248.71.243

  • Judul artikel eJournal: EFEK TAYANGAN KOKORO NO TOMO DI METRO TV PADA PENERAPAN BUDAYA JEPANG (STUDI PADA KOMUNITAS JAPAN CLUB EAST BORNEO DI SAMARINDA)
  • Pengarang (nama mhs): Agung Handoko
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian yang dilaksanakan oleh Agung Handoko (1002055193) ini, berjudul Efek Tayangan Kokoro no Tomo Terhadap Penerapan Budaya Jepang Studi Pada Komunitas Japan Club East Borneo di Samarinda. Karya ilmiah ini bertujuan untuk merepresentasikan efek tayangan acara kokoro no tomo terhadap penerapan kebudayaan jepang pada komunitas Japan Club East Borneo yang ada di Samarinda. Penggunaan Komunitas japan Club East Borneo sebagai objek penelitian dikarenakan komunitas tersebut merupakan komunitas pertama dan terbesar di Samarinda.
    Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik Snowball sampling model interaktif Miles dan Huberman. Informan dalam penelitian ini merupakan anggota aktif dari komunitas Japan Club East Borneo di Samarinda. Pengumpulan data primer didapat dari wawancara dan observasi pada anggota komunitas Japan Club East Borneo. Pengumpulan data sekunder didapat melalui tayangan-tayangan Kokoro no Tomo di Metro TV.
    Hasil dari penelitian dan observasi terdapat tiga perubahan yakni perubahan sikap setuju dalam menjaga kebersihan, sikap tepat waktu dan sikap taat pada peraturan. Pada perubahan perilaku diketahui perubahan dalam bahasa Jepang, perubahan perilaku menerapkan kebersihan dan perubahan perilaku menerapkan tepat waktu. Sedangkan pada perubahan penjadwalan diketahui tidak adanya perubahan pada informan secara signifikan dalam penjadwalan kegiatan.
    Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, hasil dari menggunakan analisis teori kultivasi pada efek tayangan Kokoro no Tomo yaitu adanya efek perubahan setelah menonton tayangan Kokoro no Tomo. Perubahan sikap menjaga kebersihan, datang tepat waktu dan taat peraturan. Perubahan perilaku menerapkan kebersihan yangmenjadi perilaku orang Jepang pada umumnya. Penjadwalan kegiatan terpaan yang terjadi tidak terlalu mengubah jadwal kegiatan seseorang sehingga tidak adanya perubahan yg signifikan pada informan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efek Tayangan , Kokoro no Tomo , Budaya Jepang , Kultivasi, Komunitas Japan Club
  • NIM: 1002055193
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah M.S & Hikmah S.Sos. M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Online (08-08-16-05-24-41).doc (103 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Online (08-08-16-05-24-41).pdf (141 kB)