Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

MANAJEMEN STASIUN RADIO HEARTLINE FM SAMARINDA DALAM MENJARING PENDENGAR RADIO DI KOTA SAMARINDA (Missionaris Lukas)

Submitted by: ,
On: Jun 15, 2016 @ 2:56 AM
IP: 36.82.230.210

  • Judul artikel eJournal: MANAJEMEN STASIUN RADIO HEARTLINE FM SAMARINDA DALAM MENJARING PENDENGAR RADIO DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Missionaris Lukas
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Missionaris Lukas, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Manajemen Stasiun Radio Heartline FM Samarinda dalam Menjaring Pendengar Radio di Kota Samarinda. Bimbingan Dr. Rita Kalalinggi, M.Si dan Drs. Ghufron, M. Si
    skripsi ini mendeskripsikan dan menganalisis manajemen stasiun radio Heartline FM Samarinda dalam menjaring pendengar radio di Kota Samarinda. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen Heartline FM Samarinda dalam menjaring pendengar radio di Kota Samarinda yang berdasarkan tahapan-tahapan perencanaan dalam pembuatan program, pengorganisasian dalam pelaksanaan program acara, penggerakan atau kepemimpinan dalam produksi program acara serta tahapan pengendalian dan evaluasi dari suatu program acara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dengan model analisis interaktif yang terdiri dari empat alur yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Melalui penelitian ini diketahui manajemen Heartline FM Samarinda dalam menjaring pendengar radio di Kota Samarinda merencanakan pembuatan program dengan mengetahui prakiraan, menetapkan tujuan dengan visi misi radio, menentukan konsep, pemilihan materi, penentuan Announcer dan penjadwalan. Pengorganisasian produksi program oleh Bidang Program. Penggerak dan kepemimpinan produksi dilakukan oleh Koordinator Program. Pengendalian dan evaluasi program secara keseluruhan dilakukan oleh Direktur, secara Bidang Program dilakukan oleh Koordinator Program. Evaluasi dilakukan sebulan sekali dan faktor penghambat merupakan gangguan teknis dan kurangnya komunikasi dengan narasumber serta faktor pendukung adalah keahlian Announcer dan peralatan siaran yang canggih.
    Berdasarkan hasil penelitian, manajemen Heartline FM Samarinda dalam pembuatan program sangat berperan penting sebagai menjaring pendengar radio, penerapan manajemen dalam pembuatan program acara dapat dikategorikan cukup baik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Manajemen, Program Acara.
  • NIM: 1202055096
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Rita Kalalinggi, M.Si dan Drs. Ghufron, M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (06-15-16-02-56-47).docx (44 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (06-15-16-02-56-47).pdf (74 kB)