Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM MENSOSIALISASIKAN INTERNET SEHAT DI KOTA SAMARINDA (Aulia Febriani Putri)

Submitted by: ,
On: Jun 3, 2016 @ 4:06 AM
IP: 180.248.68.217

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM MENSOSIALISASIKAN INTERNET SEHAT DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Aulia Febriani Putri
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Aulia Febriani Putri, 2010, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda. Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur Dalam Mensosialisasikan Internet Sehat Di Kota Samarinda, dibawah bimbingan Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Inda Fitryarini, S.Sos. M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur Dalam Mensosialisasikan Internet Sehat Di Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan tekhnik penelitian Purposive Sampling yaitu informan terdiri dari Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika (APTEL), Kepala Seksi Telematika dan 3 staff bidang telematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan, observasi langsung dilapangan serta dokumentasi.
    Hasil penelitian diperoleh bahwa DISKOMINFO (Dinas Komunikasi dan Informatika) Provinsi KALTIM dalam melakukan kegiatan sosialisasi, terlebih dahulu mempersiapkan strategi komunikasi agar dalam penyampaian pesan internet sehat dapat diterima dengan baik oleh komunikan. Hal ini di dasarkan menurut Aristoteles yang menerangkan tiga seni penggunaan bahasa persuasi yaitu : Ethos (tampilan karakter dan kredebilitas pembicara yang dapat mempersuasi audiens) Pathos (keterampilan pembicara untuk mengelola emosi ketika berbicara) dan Logos (pengetahuan yang luas dan mendalam tentang apa yang akan di komunikasikan). DISKOMINFO dalam melakukan sosialisasinya menggunakan media massa Surat Kabar Kaltim Post, Tribun Kaltim, radio RRI,TVRI KALTIM dan berita online. Media tatap muka seperti seminar, dialog dan mobil M-CAP. Sasaran dari kegiatan sosialisasi ini adalah Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, DISKOMINFO, Sosialisasi Internet Sehat
  • NIM: 1002055096
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Achmad Djumlani, M.Si & Inda Fitryarini, S.Sos., M.si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnallll (06-03-16-04-06-25).doc (129 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnallll (06-03-16-04-06-25).pdf (62 kB)