Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

EFEK TAYANGAN IKLAN ‘GARUDA INDONESIA MEMPERTEMUKAN RINDU YANG TERPISAHKAN 2015’ TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN GARUDA INDONESIA (Marsha Djulia Dhara)

Submitted by: ,
On: May 13, 2016 @ 6:34 AM
IP: 36.83.54.200

  • Judul artikel eJournal: EFEK TAYANGAN IKLAN ‘GARUDA INDONESIA MEMPERTEMUKAN RINDU YANG TERPISAHKAN 2015’ TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN GARUDA INDONESIA
  • Pengarang (nama mhs): Marsha Djulia Dhara
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana efek tayangan iklan “Garuda Indonesia Mempertemukan Rindu yang Terpisahkan 2015” terhadap keputusan konsumen menggunakan Garuda Indonesia.
    Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang mengunjungi kantor pemasaran Garuda Indonesia Samarinda dan melakukan pembelian tiket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling yang digunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana yang dibantu dengan program SPSS.
    Hasil menggunakan SPSS, diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 8,079 + 0,317X menunjukkan variabel efek tayangan iklan (a=8,079) dan variabel keputusan konsumen (b=0,317). Nilai koefisien determinasi diperoleh 0,464 atau 46,4%.
    Hasil uji stimultan (Uji F) diperoleh F-hitung (36,423) > F-tabel (4,07) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji t diketahui bahwa tayangan iklan “Garuda Indonesia Mempertemukan Rindu yang Terpisahkan 2015” berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan Garuda Indonesia.
    Dari penjelasan diatas penulis menyarankan agar pihak Garuda Indonesia dapat meningkatkan kualitas tayangan iklan agar dapat menarik perhatian konsumen dan mempertahankan kualitas layanan jasa penerbangan agar selalu mendapat citra yang positif di benak konsumen.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efek, Iklan, Proses dan Keputusan Konsumen
  • NIM: 1202055046
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Adietya Arie Hetami, S.Sos., M.AB & Hikmah, S.Sos., MA
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL MARSHA (05-13-16-06-34-26).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL MARSHA (05-13-16-06-34-26).pdf (607 kB)