Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS ISI PESAN NASIONALISME PADA IKLAN COCA-COLA REASON TO BELIEVE INDONESIA TAHUN 2012 (LULY RINDA HANDAYANI)

Submitted by: Handayani, luly rinda
On: Feb 1, 2016 @ 11:35 AM
IP: 114.125.191.167

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS ISI PESAN NASIONALISME PADA IKLAN COCA-COLA REASON TO BELIEVE INDONESIA TAHUN 2012
  • Pengarang (nama mhs): LULY RINDA HANDAYANI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dari waktu ke waktu telah memberi pengaruh bagaimana cara-cara manusia berkomunikasi yang dapat dimengerti dan memperngaruhi ainnya salah satunya dengan iklan. Iklan kian menjadi unsur penting tidak hanya bagi produsen-konsumen dalam memperkenalkan produknya tetapi juga ide-ide pengiklan dalam menyuguhkan produk atau jasanya dengan lebih kreatif. Salah satunya Coca-Cola yang menyuguhkan iklan yang mengangkat semangat kebangsaan dalam mmentum menyambut hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober.
    Rumusan masalahnya yaitu bagaimana analisis isi pesan nasionalisme pada iklan Coca-Cola Reason to Believe Indonesia pada tahun 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pesan nasionalisme pada iklan Coca-Cola Reason to Believe Indonesia pada tahun 2012. Analisa dilakukan terhadap iklan Coca-Cola “Reason to Believe Indonesia” yang tayang pada tanggal 26 Oktober 2012 lalu namun dapat dilihat kembali di situs youtube, dengan menggunakan lima indikator pesan nasionalisme yaitu: Kesatuan, Kebebasan, Persamaan, Kepribadian, dan Prestasi.
    Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh scene/gambar dan kata-kata atau kalimat yang termasuk dalam indikator pesan nasionalisme yang telah dikategorikan Penelitian ini menggunakan metode analisis isi deskriptif (content analysis) yaitu suatu metode yang meneliti isi komunikasi untuk dideskripsikan secara nyata, sistematis, kuantitatif dan obyektif.
    Dari hasil penelitian terdapat 26 kali muncul pada indikator persatuan yang termasuk pada pesan nasionalisme. Persatuan mendominasi dari indikator lain yang terlihat dari kemunculannya 26 kali atau 26,8%, sedangkan prestasi mendapatkan 20 kali kemunculan atau 20,6% menempati urutan kedua. Pesan nasionalisme pada indikator kebebasan sebanyak 19 kali kemunculan atau 19,5%, untuk urutan keempat indikator dari kepribadian sebanyak 17 kali kemunculan atau 17,5%, untuk urutan kelima ditempati oleh kesamaan sebanyak 15 kali kemunculan atau 15,4%.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis Isi, Pesan Nasionalisme, Coca-Cola
  • NIM: 1202055015
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof.Dr.Hj. Nur Fitriyah M.S & Kheyene MB, S.Ikom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 2016, 4 ( 1) 101-114 ANALISIS ISI PESAN NASIONALISME PADA IKLAN COCA COLA REASON TO BELIEVE INDONESIA LULY RINDA (02-01-16-11-35-07).docx (60 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 2016, 4 ( 1) 101-114 ANALISIS ISI PESAN NASIONALISME PADA IKLAN COCA COLA REASON TO BELIEVE INDONESIA LULY RINDA (02-01-16-11-35-07).pdf (303 kB)

Print Friendly, PDF & Email