Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

HUBUNGAN TERPAAN DAKWAH ISLAM DI FACEBOOK DENGAN PERUBAHAN PERILAKU PENGURUS KAMMI KOMISARIAT IAIN SAMARINDA (Zamzani Friska Oktaviani)

Submitted by: Oktaviani, Zamzani
On: Nov 17, 2015 @ 11:07 AM
IP: 114.4.78.158

  • Judul artikel eJournal: HUBUNGAN TERPAAN DAKWAH ISLAM DI FACEBOOK DENGAN PERUBAHAN PERILAKU PENGURUS KAMMI KOMISARIAT IAIN SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Zamzani Friska Oktaviani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Zamzani Friska Oktaviani, 2015. Hubungan Terpaan Dakwah Islam di Facebook Dengan Perubahan Perilaku Pengurus KAMMI Komisariat IAIN Samarinda. Skripsi ini di bawah bimbingan Drs. Massad Hatuwe, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. Ghufron, M.Si selaku pembimbing II. Jurusan Ilmu Administrasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mulawarman.
    Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, sehingga memudahkan khalayak dalam memperoleh informasi, salah satunya adalah informasi yang berkaitan tentang dakwah Islam. Dewasa ini dakwah Islam tidak hanya dapat dinikmati di majelis talim, media televisi seperti pada umumnya, tetapi memanfaatkan media sosial facebook sebagai media penyampaianya, dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami, serta dikemas secara menarik agar menjadi sebuah alternatif media dakwah yang tepat dan efektif, sehingga dapat mempengaruhi khalayak yang menjadi objek penelitian adalah pengurus KAMMI yang secara fleksibel menjadwalkan pertemuan untuk mengkaji dakwah Islam di facebook.
    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan terpaan dakwah Islam di facebook dengan perubahan perilaku Pengurus KAMMI Komisariat IAIN Samarinda dan membuktikan kebenarkan hipotesis yang penulis rumuskan. Populasi pada lokasi penelitian berjumlah 52 Orang, dari populasi tersebut diperoleh 34 Orang untuk menjadi sampel penelitian berdasarkan perhitungan slovin besaran sampel.
    Berdasarkan Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan terpaan dakwah Islam di facebook dengan perubahan peilaku pengurus KAMMI Komisariat IAIN Saamarinda, dari hasil perhitungan (r) = 0,516 yang berarti hubungan terpaan dakwah dengan perubahan perilaku sedang. Pada uji signifikansi t hitung (3,409) > t tabel (2,042) yang artinya Hi diterima.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Terpaan Dakwah Islam, Perubahan Perilaku, Facebook
  • NIM: 1102055041
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Massad Hatuwe, M.Si dan Drs. Ghufron, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): HUBUNGAN TERPAAN DAKWAH ISLAM DI FACEBOOK DENGAN PERUBAHAN PERILAKU KAMMI KOMISARIAT IAIN SAMARINDA (11-17-15-11-07-15).docx (59 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): HUBUNGAN TERPAAN DAKWAH ISLAM DI FACEBOOK DENGAN PERUBAHAN PERILAKU KAMMI KOMISARIAT IAIN SAMARINDApdf (11-17-15-11-07-15).pdf (506 kB)