ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI MASKULINITAS PADA IKLAN TELEVISI VASELINE MEN BODY LOTION VERSI ‘DARIUS SINATHRYA’ (Devi Kartini )
Submitted by: Kartini, Devi
On: Nov 16, 2015 @ 4:33 AM
IP: 125.160.69.245
- Judul artikel eJournal: ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI MASKULINITAS PADA IKLAN TELEVISI VASELINE MEN BODY LOTION VERSI ‘DARIUS SINATHRYA’
- Pengarang (nama mhs): Devi Kartini
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Devi Kartini, 1102055024, Analisis Semiotika Representasi Maskulinitas pada Iklan Televisi Vaseline Men Body Lotion versi ‘Darius Sinathrya’, dibawah bimbingan Drs. Endang Erawan, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Kheyene Molekandella B, S.Ikom, M.Ikom selaku dosen pembimbing II, program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Rumusan permasalahan adalah “bagaimana representasi tanda-tanda maskulinitas dalam iklan televisi Vaseline Men Body Lotion versi Darius Sinathrya”.
Maka tujuan penulisan ini adalah untuk menggambarkan secara keseluruhan mengenai makna maskulinitas yang terlihat dalam iklan Vaseline Men Body Lotion versi Darius Sinatrya sebagai model iklannya dan mengidentifikasikan tanda-tanda maskulinitas melalui ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam iklan tersebut dengan model semiotik Charles S. Peirce.
Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif-interpretatif (interpretation), yaitu metode yang memfokuskan dirinya pada tanda dan teks sebagai objek kajiannya, serta bagaimana peneliti menafsirkan kode (decoding) dibalik tanda dan teks tersebut , mengenai representasi tanda-tanda maskulinitas dalam iklan televisi Vaseline Men Body Lotion versi Darius Sinathrya”. Data dikumpulkan melalui buku teks, referensi yang ada hubungannya dengan penulisan ini, observasi, dan mengunduh video (download) dari internet.
Berdasarkan hasil pembahasan, dapat diketahui bahwa representasi maskulintas dalam iklan Vaseline Men Body Lotion versi Darius Sinathrya menggunakan stereotip baru dan mencoba membawa representasi baru yaitu sosok pria yang perduli dengan kesehatan kulitnya. Representasi maskulinitas pada sosok Darius (talent) dalam iklan televisi Vaseline Men Body Lotion ini terdapat segitiga makna dalam rangkaian rantai semiosis, yang menjelaskan bahwa representasi maskulinitas terjadi pada sosok Darius dan juga terletak pada bentuk tubuh yang ditampilkan. Sosok Darius merepresentasikan maskulinitas yang keberadaannya sendiri merupakan sosok laki-laki. Tanda-tanda mengarah pada interpretant mengenai representasi maskulinitas baru (new mascuality) yang di era sekarang ini disebut dengan meteroseksual. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Semiotika, Charles S. Peirce, Maskulinitas, Representasi, Iklan Vaseline Men
- NIM: 1102055024
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si & Kheyene Molakandella B, S.Ikom, M.Ikom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 3
- Nomor: 4
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal (11-16-15-04-33-14).docx (45 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal (11-16-15-04-33-14).pdf (88 kB)