MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA (ROSWITA)
Submitted by: ,
On: Aug 27, 2015 @ 2:23 AM
IP: 180.248.71.222
- Judul artikel eJournal: MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): ROSWITA
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): ROSWITA, Motif Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Pelajar Siswa SMA Negeri 5 Samarinda, di bawah bimbingan Drs. H. Muhammad Noor, M.Si dan Annisa Wahyuni M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengguna jejaring media sosial yang sedang fenomena di Indonesia. Munculnya jejaring media sosial sebagai media baru untuk berinteraksi dapat memudahkan dan menjalin komunikasi interpersonal. Motif yang mempengaruhi dalam pengggunaan jejaring media sosial akan berpengaruh juga terhadap kepuasan dan kebutuhan yang akan diperolehnya. Hal tersebut yang mendorong penulis untuk mengetahui apakah motif menggunakan jejaring media sosial mempengaruhi kepuasan yag diperolehnya, dan apakah penggunaan jejaring media sosial juga mempengaruhi motif kognitif dan motif afektif.
Metode Yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif yang hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penelitian lapangan dengan melakukan kegiatan survey menggunakan kuisioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Model Uses and Gratifications yang menganggap khalayak aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga, untuk membuktikannya dilakukan dengan menghitung niali rata-rata dan frekuensi dengan menggunakan rumus Yamane untuk mengetahui nilai rata-rata yang menggunakan jejaring media sosial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat motif kognitif dan afektif dalam menggunakan jejaring media sosial tersebut. Hal ini di tandai dengan nilai sebagai titik tengah interval dan frekuensi pada interval.kelas dengan produk perkalian antara pada tiap interval data dengan tanda kelas pada tabel distribusi frekuensi. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Motif dan Kepuasan, Media Sosial
- NIM: 0802055203
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. H. Muhammad Noor, M.Si & Annisa Wahyuni
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 3
- Nomor: 3
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal (08-27-15-02-23-03).docx (39 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal (08-27-15-02-23-03).pdf (64 kB)