Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

HUBUNGAN ANTARA IKLAN BAHAYA KANKER SERVIKS DI TELEVISI DENGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT KELURAHAN LOA BAKUNG KOTA SAMARINDA (Hery Setiawan)

Submitted by: setiawan, hery
On: Aug 7, 2015 @ 1:43 PM
IP: 114.125.169.173

  • Judul artikel eJournal: HUBUNGAN ANTARA IKLAN BAHAYA KANKER SERVIKS DI TELEVISI DENGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT KELURAHAN LOA BAKUNG KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Hery Setiawan
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Hery Setiawan, NIM. 0802055304. Hubungan Antara Iklan Bahaya Kanker Serviks di Televisi dengan Pengetahuan Masyarakat Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda yang dibimbing oleh Bapak Drs.Sugandi, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs.H.Hamdan, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklan tentang bahaya kanker serviks di televisi dengan pengetahuan masyarakat khususnya pada warga Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.
    Penelitian ini menggunakan jenis analisis deskriptif. Ada tidaknya hubungan tersebut dihitung berdasarkan koefisiensi korelasi. Sedangkan metode dalam penelitian ini adalah menggunakan populasi masyarakat yang berjenis kelamin perempuan dan berusia dari 19-40 tahun dan didapat sampel sebesar 93 responden dengan tingkat kekeliruan 10%. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan tipe sampel acak sederhana. Dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan guna menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni untuk mengetahui apakah ada atau tidak ada hubungan iklan tentang bahaya kanker serviks di televisi sebagai variabel X dan pengetahuan masyarakat variabel Y, maka peneliti menggunakan analisis non parametrik dengan menggunakan rumus “Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs)”.
    Hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan, didapat nilai rs hitung sebesar 0,452, nilai rs hitung sebesar 0,452 menggunakan uji t sehingga diperoleh hasil sebesar 4,8. Ini menunjukan bahwa harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel pada tingkat signifikansi 0,1 serta db= N – 2 (93 – 2 = 91), yaitu 4,8 > 1,66177. Hal ini menunjukan bahwa adanya hubungan antara iklan tentang bahaya kanker serviks di televisi dengan pengetahuan masyarakat.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kanker Serviks, Media Iklan, Pengetahuan
  • NIM: 0802055304
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs.Sugandi, M.Si , Drs.H.Hamdan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal herysetiawan (08-07-15-01-43-32).doc (509 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal herysetiawan (08-07-15-01-43-32).pdf (383 kB)