Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DALAM MENYINGKAP PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP (Nur Rachmani)

Submitted by: ,
On: Jun 29, 2015 @ 5:47 AM
IP: 36.82.219.12

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DALAM MENYINGKAP PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP
  • Pengarang (nama mhs): Nur Rachmani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Nur Rachmani, 1102055141, Analisis Semiotika Iklan Ades versi Langkah Kecil Memberikan Perubahan dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi tentang Kepedulian Lingkungan Hidup dibawah bimbingan Ibu Dra. Purwaningsih, M.Si dan Ibu Nurliah S.Sos. M.I.kom.
    Tujuan penelitian ini adalah Untuk menemukan makna dibalik tanda-tanda yang digunakan pada iklan dengan menggunakan analisis semiotika dalam model Charles Sanders Pierce.Dan menyingkap pesan tersembunyi kepeduliaan lingkungan hidup dalam iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan”.
    Fokus penelitian yang ditetapkan Analisis Semiotika Iklan Ades versi Langkah Kecil Memberikan Perubahan dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi tentang kepedulian Lingkungan Hidup,adalah: Makna tanda-tanda yang terkandung didalam iklan Ades, yang sesuai dengan konsep Peirce diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni: a) Ikon, yaitu tanda yang memiliki ‘kemiripan’ rupa dengan objeknya. b) Indeks, yaitu tanda yang memiliki keterkaitan fenomenal atau eksistensi dengan objeknya. c) Simbol, yaitu jenis tanda yang bersifat arbitrer atau konvensional sesuai kesepakatan atau konvensi sejumlah orang atau masyarakat. Dan pesan tersembunyi yang terdapat dalam iklan Ades.Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa observasi, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh langsung dengan dokumentasi berupavideo iklan Ades yang sudah di unggah atau di download melalui youtube. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dan riset kepustakaan, yaitu mencari data mengenaihal-hal yang berkaitan dengan iklan Ades melalui internet dan buku yang berkaitan.
    Adapun teknik analisis data Setelah data primer dan sekunder terkumpul, dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sander Peirce. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Filling System.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan tanda dalam iklan Ades menyiratkan pesan tersembunyi tentang kepedulian lingkungan hidup. Iklan Ades diharapkan dapat terus menjaga peneguhan kepada konsumen dalam kampanye lingkungan yang diusung sebagai wujud komitmen Coca-Cola Amatil Indonesia yaitu sustainable (berkelanjutan). Selain melalui iklan, bisa melalui media sosial yang lain.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis Semiotika, Iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan, Pesan
  • NIM: 1102055141
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Purwaningsih, M.Si & Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejurnal rani ok (06-29-15-05-47-56).docx (832 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejurnal rani ok (06-29-15-05-47-56).pdf (133 kB)