Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

FUNGSI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PENABUNG DI PT.BANK DANAMON INDONESIA CABANG SUDIRMAN SAMARINDA (Dio Prayoga)

Submitted by: ,
On: Jun 29, 2015 @ 5:10 AM
IP: 36.82.219.12

  • Judul artikel eJournal: FUNGSI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PENABUNG DI PT.BANK DANAMON INDONESIA CABANG SUDIRMAN SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Dio Prayoga
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Dio Prayoga. Fungsi Komunikasi Antarpribadi Customer Service dalam meningkatkan kepuasan nasabah penabung di Bank Danamon Indonesia Kantor Cabang Sudirman Samarinda. Dibimbing oleh Pembimbing I Drs.Muhammad Noor, M.Si dan Pembimbing II Inda Fitryarini,S.Sos., M.Si
    Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi fungsi komunikasi antarpribadi customer service yaitu dalam hal menjalin relasi, mempengaruhi sikap dan perilaku, menghibur atau menenangkan orang lain dan membantu orang lain dalam hal ini nasabah penabung di Bank Danamon Indonesia Kantor Cabang Sudirman Samarinda.
    Penelitian ini dilakukan terhadap Bank Danamon Indonesia Kantor Cabang Sudirman Samarinda dan proses pengumpulan data dalam pengumpulan ini adalah melalui metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil wawancara dengan para pengelola dan data-data lainnya yang kemudian menganalisisnya dengan teori. Metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah induktif dimana data yang berhasil peneliti kumpulkan dari lokasi penelitian, selanjutnya dianalisa dan kemudian disajikan secara tertulis dalam laporan tersebut, yaitu berupa data yang ditemukan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
    Hasil penelitian yang dilakukan di Bank Danamon Indonesia Samarinda ini mengenai fungsi komunikasi antarpribadi customer service dalam meningkatkan kepuasan nasabah penabung sangatlah penting, hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan yaitu mayoritas sebagian besar dari mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh customer service Bank Danamon Indonesia ,Cara customer service dalam menangani permasalah nasabah sudah seusai dengan fungsi komunikasi antarpribadi sebagaimana mestinya , walaupun masih ada beberapa keluhan dari para nasabah akan tetapi customer service dalam hal ini sudah menerapkan standar yang berlaku di Bank Danamon Indonesia Samarinda. Sehingga dengan adanya pelayanan yang membuat mereka nyaman bertransaksi dan tetap menggunakan jasa dari bank tersebut tidak berlaih beralih ke bank yang lain. Dengan begitu kualitas pelayanan yang sudah baik dari customer service ini ditingkatkan lagi menjadi taraf yang lebih baik lagi agar nasabah menjadi puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bank Danamon Indonesia cabang Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): komunikasi, antarpribadi, customer service, kepuasan, nasabah
  • NIM: 0802055235
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs.H.Muhammad Noor, M.Si & Inda Fitryarini,S.Sos.,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL FIX DIO (06-29-15-05-10-33).doc (126 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL FIX DIO (06-29-15-05-10-33).pdf (67 kB)