Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

DAMPAK APLIKASI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA DALAM BERBELANJA ONLINE DI KALANGAN SISWA-SISWI SMA NEGERI 2 TENGGARONG (Khairunnisa)

Submitted by: Nisa, Khairun
On: Nov 18, 2014 @ 12:12 PM
IP: 114.121.131.107

  • Judul artikel eJournal: DAMPAK APLIKASI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA DALAM BERBELANJA ONLINE DI KALANGAN SISWA-SISWI SMA NEGERI 2 TENGGARONG
  • Pengarang (nama mhs): Khairunnisa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas tentang bagaimana dampak Aplikasi Instagram terhadap perilaku konsumtif siswa siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2014 di SMA Negeri 2 Tenggarong dengan jumlah informan sebanyak 12 orang yang terdiri dari para siswa dan siswi SMA Negeri 2 Tenggarong dilakukan dengan cara wawancara langsung. Penelitian ini menggunakan analisis penelitian deskriptif kualitatif. Instagram merupakan salah satu media yang marak digunakan saat ini. Tetapi setiap penggunaan sebuah media, pastilah terdapat efek dari penggunaan tersebut. Perilaku menjadi konsumtivisme yang dilakukan oleh para pengguna Instagram menjadi sorotan dilakukannya penelitian tersebut. Perilaku konsumtif yang semakin besar setelah menggunakan Instagram inilah yang menjadi dampak negatif dari penggunaan Instagram. Hasil dari penelitian ini bahwa dapat disimpulkan, siswa dan siswi SMA Negeri 2 Tenggarong yang telah aktif menggunakan Instagram menjadi semakin konsumtif dalam hal berbelanja online serta dalam hal paket data yang selalu aktif guna dapat memenuhi kebutuhan selalu mengakses internet di Smartphone tersebut.
    Berdasarkan hasil peneltian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa penggunaan Instagram berdampak negatif bagi perilaku konsumtif remaja dalam berbelanja online. Karena dengan kemudahan yang diberikan oleh Instagram maka dengan gampang remaja semakin gemar mengkonsumsi barang yang tidak menjadi prioritas utama, dengan kata lain bahwa remaja lebih senang membeli barang berdasarkan keinginan bukan berdasarkan kebutuhan lagi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Dampak aplikasi Instagram, Perilaku Konsumtif Remaja
  • NIM: 0902055182
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Pembimbing I : Drs. Sugandi, M.Si dan Pembimbing II : Dra. Lisbet Situmorang, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 2
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): artikel jurnal nisa (Genap) (11-18-14-12-12-35).doc (107 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): artikel jurnal nisa _Genap2_ (11-18-14-12-12-35).pdf (172 kB)