Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Efektivitas Penggunaan Media Iklan Baliho Dalam Mensosialisasikan Bahaya Kebakaran di Kota Samarinda (Achmad Ghifary )

Submitted by: Ghifary, Achmad
On: Aug 20, 2014 @ 5:52 AM
IP: 192.168.0.9

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Penggunaan Media Iklan Baliho Dalam Mensosialisasikan Bahaya Kebakaran di Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Achmad Ghifary
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Isi dari artikel ini menunjukan bahwa Penggunaan iklan media luar ruang baliho dalam mensosialisasikan bahaya kebakaran di masyarakat Kota Samarinda hingga saat ini belum berjalan dengan efektif, dari Instansi yang berkewajiban untuk menososialisasikan bahaya kebakaran dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Samarindabelum menjalankan fungsinya dengan baik dalam menyebarluaskan informasi bahaya kebakaran melalui media Baliho yang digunakan untuk menyebarkan informasi tersebut, dari Jumlah Baliho yang terpasang sangat kurang untuk bisa memberikan informasi secara luas kemasyarakat Kota Samarinda melalui media Baliho setiap tahunnya, dari segi pemasangannya sendiri belum berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan Baliho yang dipasang hanya menggunakan kayu yang seharusnya pemasangan Baliho menggunakan media besi seingga Baliho yang terpasang hanya dapat bertahan beberapa bulan, sedangkan dari segi Posisi Baliho yang terpasang juga belum baik karena baliho ditempatkan ditempat yang sejajar dengan Posisi jalan seharusnya Baliho ditempatkan ditempat yang tinggi agar mudah dilihat masyarakat luas, dan dari segi Isi Pesan Baliho BPBD tersebut sudah sangat baik karena menjelaskan perihal tentang kebakaran secara terperinci namun karena dari segi Jumlah, Pemasangan, dan Posisi baliho itu sendiri yang kurang baik justru membuat media Baliho yang terpasang masih belum Efektif dalam mensosialisasikan bahaya kebakaran, sehingga banyak sekali yang perlu dibenahi dan ditambah baik dari segi Jumlah, Pemasangan, dan Posisi Baliho.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Media iklan baliho, Sosialisasi, Bahaya kebakaran
  • NIM: 0902055047
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Adietya Arie Hetami S.Sos M.AB & Syahrul Shahrial, S.Sos, M,Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 2
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Achmad Ghifary (08-20-14-05-52-32).docx (50 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Achmad Ghifary PDF (08-20-14-05-52-32).pdf (213 kB)