Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

POLITICAL MARKETING PARTAI “NasDem” MENUJU PEMILU 2014 (Strategi DPW Partai NasDem Kaltim Dalam Mencitrakan Diri Sebagai Partai Gerakan Perubahan) (Ahmad Aliyudin)

Submitted by: ,
On: Dec 7, 2013 @ 3:51 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: POLITICAL MARKETING PARTAI “NasDem” MENUJU PEMILU 2014 (Strategi DPW Partai NasDem Kaltim Dalam Mencitrakan Diri Sebagai Partai Gerakan Perubahan)
  • Pengarang (nama mhs): Ahmad Aliyudin
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Partai NasDem hadir dengan tagline “Gerakan Perubahan” dan bagaimana partai NasDem mengoptimalkan cita-cita dari gagasan politiknya yang mengusung konsep Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia. Adapun konsep yang digunakan dalam pembahasan dan penelitian ini adalah konsep Marketing politik yaitu 4p product, promotion, price, place. Hasil penelitian menunjukkan partai NasDem mempunyai produk politik dengan konsep restorasi Indonesia selain itu mempunyai program kerja memperluas jaringan politiknya hingga ke tinggkat Desa dengan membangun struktur kepengurusan dan penguatan struktur politik. Salah satu upaya perluasan jaringan politik yang merupakan langkah awal bagi Partai NasDem Kaltim, terdapat beberapa upaya yang lainnya antara lain sistem o250 (yang merupakan sistem informasi dan perekrutan taraf online yang sangat membantu pergerakan Partai NasDem Kaltim yang isi dan fungsinya akan dipaparkan pada isi pembahasan), upaya melalui kinerja caleg Partai NasDem Kalimantan Timur, penguatan dan perluasan struktur pengurus, kinerja dari sayap-sayap Partai NasDem Kalimantan Timur, integrasi semua elemen dengan tujuan yang memperkuat kedudukan NasDem, Media massa yang menunjang keberadaan Partai NasDem Kaltim, promosi Partai NasDem Kaltim. Adapun harga psikologis yang ingin ditanamkan oleh partai NasDem yakni dengan tidak menghendaki adanya politik transaksional, mengedukasi masyarakat agar tidak membudayakan politik transaksional yang sifatnya hanya menguntungkan sementara
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Partai NasDem, Pencitraan, Marketing Politik
  • NIM: 0902055263
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi.,M.Si dan Drs. Ghufron.,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap (12-07-13-03-51-19).doc (150 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap (12-07-13-03-51-19).pdf (372 kB)