Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN NON VERBAL DALAM IKLAN CLASS MILD VERSI “ MACET “ DI MEDIA TELEVISI (Novi Feralina)

Submitted by: feralina, novi
On: Dec 3, 2013 @ 8:15 AM
IP: 110.136.199.212

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN NON VERBAL DALAM IKLAN CLASS MILD VERSI “ MACET “ DI MEDIA TELEVISI
  • Pengarang (nama mhs): Novi Feralina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisi tentang analisis semiotika makna pesan non verbal dalam iklan class mild versi macet di media televisi. Artikel ini difokuskan pada tanda-tanda non verbal dalam iklan class mild yang meliputi pesan kinesik yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu pesan pasial,gestural dan pesan postural. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis semiotika Charles Sander Peirce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan class mid versi macet di media televisi terdapat tanda-tanda non verbal yang memiliki makna-makna tersendiri. Iklan class mild versi macet dimedia televisi mencoba mengkomunikasikan pesannya melalui tanda-tanda komunikasi non verbal yang didalamnya terdapat pesan sosial untuk para audiencenya. Dalam iklan ini terdapat makna pesan sosial yang dimana mencoba memberitahukan bahwa suatu tindakan lebih baik dan berguna daripada banyak berbicara. bahasa tubuh di gunakan untuk menguatkan dan melengkapi kata-kata, menggantikan kata-kata yang mengandung rahasia, mengungkapkan perasaan dan pendapat seseorang, dan sebagai sebuah alat sapaan. Dari analisis iklan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang makna komunikasi yang terdapat dalam sebuah iklan sehingga para audience dapat lebih mudah dalam memaknai suatu tanda-tanda non verbal yang terdapat dalam suatu iklan dan dapat mencerna pesan positif yang ingin disampaikan oleh iklan kepada pemirsanya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis semiotika ,makna tanda non verbal, iklan Class Mild
  • NIM: 0902055068
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si dan Enos Paselle, S.Sos., M.Ap
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJurnal cabeee jadi beneran copy2 (12-03-13-08-15-42).doc (219 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJurnal cabeee jadi beneran copy2 (12-03-13-08-15-42).pdf (311 kB)