Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

KECANTIKAN DALAM IKLAN : GAMBARAN KECANTIKAN DALAM IKLAN SABUN DOVE DI TELEVISI (Rina Nurul Aisyiyah)

Submitted by: Aisyiyah, Rina
On: Nov 20, 2013 @ 1:51 AM
IP: 192.168.0.5

  • Judul artikel eJournal: KECANTIKAN DALAM IKLAN : GAMBARAN KECANTIKAN DALAM IKLAN SABUN DOVE DI TELEVISI
  • Pengarang (nama mhs): Rina Nurul Aisyiyah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisi tentang gambaran kecantikan dalam iklan sabun Dove di televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecantikan dalam iklan sabun Dove di televisi yang ditunjukkan oleh PT.Unilever dalam iklan televisi produk sabun kecantikannya. Model iklan sabun Dove yang berbeda-beda profesi dan generasi yang dipersatukan oleh produk iklan sabun Dove tersebut. Perempuan di dalam iklan sabun Dove ini memiliki karakteristik kecantikan yang dimiliki dari luar (outer beauty). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif berdasarkan model semiotik dari Roland Barthes berupa sistem tanda yang dibagi menjadi denotasi dan konotasi yang membentuk mitos untuk menghasilkan makna. Data dikumpulkan dengan mengamati video iklan Dove dan mengambil gambar yang mampu mewakili kecantikan pada model sabun iklan Dove. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam video iklan Dove yang menunjukkan kecantikan melalui media komunikasi dengan penerapan komunikasi massa sangat mempengaruhi penampilan keseharian. Masyarakat terpengaruh dengan gaya dan kecantikan yang ada di iklan Dove dalam produk tersebut. Gambaran kecantikan dalam iklan tersebut adalah gambaran kecantikan yang dimiliki oleh semua perempuan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Iklan Sabun Dove,Semiotika, Kecantikan
  • NIM: 0902055003
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Inda Fitryarini,S.Sos.,M.Si Muhammad Hairul Saleh,S.Sos.,M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Copy of Jurnal Ilkom (11-20-13-01-51-21).doc (634 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Copy of Jurnal Ilkom 1 (11-20-13-01-51-21).pdf (227 kB)

Print Friendly, PDF & Email