Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Social Media Marketing Instinct Skateboard dalam Memperkenalkan Papan Skateboard Lokal Samarinda (Riat Maudy Juliandra, Kheyene Molekandella Boer)

Submitted by: juliandra, riat maudy
On: Aug 15, 2023 @ 3:30 AM
IP: 36.85.34.20

  • Judul artikel eJournal: Social Media Marketing Instinct Skateboard dalam Memperkenalkan Papan Skateboard Lokal Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Riat Maudy Juliandra, Kheyene Molekandella Boer
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Saat ini, semua informasi yang ada di dunia ini telah dilakukan melalui akses internet. Para pelaku bisnis dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran untuk menarik perhatian pelanggan. Seperti yang diterapkan Instinct Skateboard, salah satu pelaku bisnis produk skateboard di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendesrkipsikan dan menganalisis penerapan social media Marketing dalam Memperkenalkan Papan Skateboard Produk Lokal Samarinda. Teori yang digunakan adalah Komunikasi Pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, data sekunder melalui e-journal, buku-buku, artikel dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan fokus penelitian empat elemen Social Media Marketing yaitu Pembuatan Konten (Creation Content), Berbagi Konten (Content Sharing), Menghubungkan (Connecting), dan Pembangunan Komunitas (Community Building). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Social Media Marketing dalam Memperkenalkan Papan Skateboard Lokal Samarinda melalui elemen Pembuatan Konten (Creation Content) sebagai tahap pertama untuk menjalankan metode ini agar strategi komunikasi pemasaran berjalan sesuai keinginan, Berbagi Konten (Content Sharing) untuk memperkenalkan produk papan skateboard lokal samarinda kepada masyarakat luas, Menghubungkan (Connecting) agar mempunyai koneksi hubungan yang luas antar sesama skateboard yang pada akhirnya bisa meningkatkan pelanggan, lalu yang terakhir adalah Pembangunan Komunitas (Community Building) sebagai bentuk menjaga komunikasi antar sesama skateboard dan membangun komunitas skateboard agar lebih berkembang lagi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Social Media Marketing, Skateboard, e-marketing
  • NIM: 1602055041
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Kheyene Molekandella Boer
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (08-15-23-03-30-40).docx (31 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (08-15-23-03-30-40).pdf (333 kB)