Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Analisis Strategi Komunikasi Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Samarinda Periode 2020-2021 (Lola Peni Lummi, Johantan Alfando WS)

Submitted by: Lummi, Lola Peni
On: Aug 15, 2023 @ 1:55 AM
IP: 182.3.141.170

  • Judul artikel eJournal: Analisis Strategi Komunikasi Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Samarinda Periode 2020-2021
  • Pengarang (nama mhs): Lola Peni Lummi, Johantan Alfando WS
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Strategi komunikasi adalah penggabungan antara perencanaan komunikasi serta manajemen dalam mencapai tujuannya. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut strategi komunikasi wajib menampilkan operasionalnya secara taktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Kesehatan Kota Samarinda dalam mencegah penyebaran covid-19 di Kota Samarinda. Rumusan masalah bagaimana strategi komunikasi Dinas Kesehatan Kota Samarinda dalam mencegah penyebaran kasus covid-19 di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, sumber data menggunakan nonprobability sampling dengan Teknik pengambilan menggunakan purposive sampling. Analisis data mengacu pada metode penelitian Miles dan Huberman, analisis data yang dimulai dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori new media yang mana media baru bisa menciptakan ruang untuk penggunanya berinteraksi lebih fleksibel dan terdapat ruang untuk mendapatkan informasi secara terbuka dilihat dari pentingnya pengaruh media sosial dalam penyebaran informasi pada masa covid-19 dan media sosial yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda sudah tepat. Hal ini terlihat dari Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan berbagai pihak seperti diskominfo dalam penggunaan 112, polres, TNI, PMI, SBH, kelurahan, kecamatan serta lembaga pendidikan dalam menyampaikan informasi, edukasi dan himbauan tentang covid-19 yang berbasis media seperti media sosial yang banyak digunakan masyarakat yaitu instagram dan facebook serta media cetak kemudian efek yang ditimbulkan dari pemberian informasi ialah ialah terjadinya perubahan perilaku masyarakat dalam menyikapi informasi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Komunikasi, Covid-19
  • NIM: 1702055035
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Johantan Alfando WS, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi Lola P_L 1702055035 (08-15-23-01-55-42).docx (64 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi Lola P_L 1702055035 (08-15-23-01-55-42).pdf (254 kB)