Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

POLA KOMUNIKASI BISNIS DALAM GAME ONLINE DOTA 2 (STUDI PADA WARNET VEGAS CYBER CENTER DI SAMARINDA) (Ismail)

Submitted by: ,
On: Aug 15, 2018 @ 10:21 PM
IP: 125.160.21.170

  • Judul artikel eJournal: POLA KOMUNIKASI BISNIS DALAM GAME ONLINE DOTA 2 (STUDI PADA WARNET VEGAS CYBER CENTER DI SAMARINDA)
  • Pengarang (nama mhs): Ismail
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Dota 2 adalah Game online yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama “Ancient”, Di mana tim harus berusaha menghancurkan “Ancient” tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter “Hero” yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang. Adapun pola komunikasi bisnis yang di lakukan yaitu dengan menyampaikan pesan-pesan komunikasi melalui media dengan cara mengiklankan barang dan jasa yang di perjual belikan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola komunikasi bisnis dalam game online Dota 2 di Samarinda. Penelitian dimaksud untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang Pola komunikasi bisnis dalam game online Dota 2. Penelitian dilaksanakan di Warnet Vegas Cyber Center Di Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara langsung dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Untuk Key Informan dalam penelitian ini penulis memilih Pengepul Virtual Item Kara Hansel, untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai dengan kebutuhan penulis. Data-data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif Milles, Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pola komunikasi bisnis yang sering terjadi dan yang paling efektif dalam game online Dota 2 pada Warnet Vegas Cyber Center di Samarinda adalah Pola Komunikasi Sirkular yang dimana di saat Komunikator menyampaikan pesan melalui media, Komunikan melakukan respon atau tanggapan terhadap pesan yang ia terima dari Komunikator.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pola Komunikasi, Bisnis, Game Online Dota 2
  • NIM: 1102055263
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr.Bambang Irawan, S.Sos., M.Si/Annisa Wahyuni A, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Ismail (08-15-18-10-21-46).doc (137 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Ismail (08-15-18-10-21-46).pdf (660 kB)