STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PLN (PERSERO) DALAM MEMPROMOSIKAN LISTRIK PRABAYAR (Studi Pada Bagian Pemasaran PT. PLN Jalan Gajah Mada Kota Samarinda) (Adliah)
Submitted by: ,
On: Aug 15, 2018 @ 10:15 PM
IP: 125.160.21.170
- Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PLN (PERSERO) DALAM MEMPROMOSIKAN LISTRIK PRABAYAR (Studi Pada Bagian Pemasaran PT. PLN Jalan Gajah Mada Kota Samarinda)
- Pengarang (nama mhs): Adliah
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran PT.PLN (Persero) dalam mempromosikan Listrik Prabayar di Jalan Gajah Mada Kota Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi pemasaran PT. PLN (Persero) dalam mempromosikan Listrik Prabayar di Jalan Gajah Mada meliputi: Direct marketing PT. PLN (Persero) ini meliputi beberapa program yang berkaitan dengan informasi serta sosialisasi tentang listrik prabayar kepada masyarakat agar berpindah dari penggunaan Listrik Pascabayar, ke Listrik Prabayar. Sales promotion membantu dalam penyampaian informasi. Public relatioan membantu dalam penyampaian informasi, walaupun penyampaian informasi belum bisa tersampaikan ke seluruh masyarakat. Personal selling, program Listrik Prabayar tergolong program baru yang masih banyak memerlukan penyesuaian oleh masyarakat untuk mengadopsinya. Advertising listrik prabayar tergolong program baru yang masih banyak memerlukan penyesuaian oleh masyarakat untuk mengadopsinya. Publicity, pesan komunikasi listrik prabayar kepada masyarakat melalui sosialisasi secara langsung, pihak pelayanan pelanggan juga terus memastikan keefektifan sosialisasi ini dengan memastikan pesan yang disampaikan telah diterima oleh masyarakat yang menjadi sasaran dari sosialisasi ini. Events Sponsorship, PLN menjalin relation di sebuah event atau sebagai sponsor utama dalam acara-acara tertentu. Interactive Marketing, PLN sangat dibutuhkan demi tercapai perluasan informasi dan sosialisasi terkait program listrik prabayar. PT.PLN menggunakan media iklan yang dirasa lebih luas jangkauannya. Seperti Surat Kabar.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Komunikasi Pemasaran, Listrik Prabayar.
- NIM: 1102055080
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si/Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 6
- Nomor: 3
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Adliah (08-15-18-10-15-48).doc (137 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Adliah (08-15-18-10-15-48).pdf (777 kB)