Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH DUTA MEREK TERHADAP CITRA MEREK SHAMPOO SUNSILK HIJAB (STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA) (Septyarini)

Submitted by: ,
On: Aug 15, 2018 @ 10:26 PM
IP: 125.160.21.170

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH DUTA MEREK TERHADAP CITRA MEREK SHAMPOO SUNSILK HIJAB (STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA)
  • Pengarang (nama mhs): Septyarini
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan duta merek Laudya Cynthia Bella pada iklan shampo hijab terhadap citra merek di kalangan siswi Madrasah aliyah negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan dengan penelitian kuantitatif. Definisi Operasional terdiri dari: Variabel X Duta Merek indikator : popularitas, kredibilitas, daya tarik dan kekuatan untuk menggerakkan target. Variabel Y Citra Merek indikatornya: kekuatan, keunikan dan kesukaan. Respondennya ialah 41 orang siswi berhijab kelas X, kelas XI dan kelas XII sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Teknik Analisis Data dengan 3 uji yaitu : Uji Validitas, Uji Reabilitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perhitungan korelasi sebesar 0.212 dengan signifikansi 0.425. Karena signifikansi < 0.05 maka Ha diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh duta merek terhadap citra merek shampo sunsilk hijab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. variabel duta merek tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek shampo Sunsilk hijab. Hal ini menunjukkan bahwa popularitas, kredibilitas, daya tarik dan kekuatan untuk menggerakan target tidak mempengaruhi citra merek shampo Sunsilk hijab. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti overuse, overexposure, overshadowing, dan atribute. Dalam penelitian ini responden memiliki pengalaman penggunaan produk sebelumnya sehingga dapat menilai kualitas produk tersebut. Dalam penelitian ini responden menilai kualitas produk tersebut tidak memenuhi harapan dan kebutuhan mereka, sehingga hal tersebut membentuk citra merek di benak mereka. Sehingga duta merek berpengaruh sangat rendah diakibatkan oleh faktor pembentukan citra merek yakni kualitas produk itu sendiri.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): duta merek, citra merek
  • NIM: 1102055108
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Muh. Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si/Kezia Arum Sary, S.Ds, M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Septyarini (08-15-18-10-26-41).doc (113 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Septyarini (08-15-18-10-26-41).pdf (637 kB)