Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH TERPAAN IKLAN WEIGHT REJUVENATION PROGRAM (WRP) TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK WRP (Studi pada Kalangan Perempuan di Kecamatan Penajam) (Nurlaila)

Submitted by: ,
On: Aug 28, 2017 @ 7:25 AM
IP: 185.28.191.30

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH TERPAAN IKLAN WEIGHT REJUVENATION PROGRAM (WRP) TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK WRP (Studi pada Kalangan Perempuan di Kecamatan Penajam)
  • Pengarang (nama mhs): Nurlaila
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Keputusan membeli adalah suatu keputusan konsumen dalam memilih sesuatu melalui sebuah proses perhatian, ketertarikan, keinginan, keputusan dan tindakan. Keputusan membeli dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan yaitu kegiatan mendengar, melihat, dan membaca pesan media yang terjadi pada individu atau kelompok yang dapat diukur melalui durasi, frekuensi, dan atensi Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan WRP terhadap keputusan membeli pada kalangan Perempuan di Kecamatan Penajam dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang dengan menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala keputusan membeli dan skala terpaan iklan. Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan analisis statistiknya menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 22 for windows. Hasil penelitian dengan teknik analisi regresi linier sederhana terdapat pengaruh positif antara terpaan iklan terhadap keputusan membeli, diketahui t hitung lebih besar dari t tabel 4,086 > 1,678 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai p = 0.000 < 0,05 yang artinya berpengaruh signifikan dan R2 = 0.271. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh terpaan iklan WRP ditelevisi terhadap keputusan membeli produk WRP memiliki persentase kecil, hanya sebesar 0,271 (27,1%) saja, sedangkan sisanya sebesar 72,9% yang dapat dipengaruhi faktor lain seperti faktor budaya, sosial, pribadi, dan faktor psikologis.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): terpaan iklan, WRP, keputusan membeli
  • NIM: 1202055082
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anthonius Margono,M.Si dan Nurliah,S.Sos. M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL ILKOM SETELAH PDD (08-28-17-07-25-08).docx (50 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL ILKOM SETELAH PDD (08-28-17-07-25-08).pdf (461 kB)

Print Friendly, PDF & Email