Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DI PLAY GROUP YAYASAN FASTABIQUL KHAIRAT SAMARINDA (AYUNDA GINA MARDITHA)

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2017 @ 7:59 AM
IP: 36.74.233.112

  • Judul artikel eJournal: PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DI PLAY GROUP YAYASAN FASTABIQUL KHAIRAT SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): AYUNDA GINA MARDITHA
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ayunda Gina Marditha, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Peran Komunikasi Interpersonal Guru dengan Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Mandiri di Play Group Yayasan Fastabiqul Khairat, di bawah bimbingan Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM dan Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., MM. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui, memahami serta menganalisis bagaimana peran komunikasi interpersonal guru dengan peserta didik dalam membentuk karakter mandiri di play group Fastabiqul Khairat. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam Peran Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Mandiri Di Play Group Yayasan Fastabiqul Khairat Samarinda adalah berdasarkan pada komunikasi interpersonal yang efektif yaitu keterbukaan, empati, sikap suportif, sikap positif, kesetaraan dan kendala atau hambatan komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hambatan semantik dan hambatan manusiawi yang dialami oleh guru dilihat dari unsur keterbukaan yakni masih ada peserta didik yang pemalu dan acuh tak acuh sehingga kurang terbuka kepada guru. Meskipun demikian dilihat dari unsur empati, sikap positif, sikap suportif dan kesetaraan, komunikasi interpersonal guru dan peserta didik di Play Group Yayasan Fastabiqul Khairat Samarinda terbilang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di Play Group Yayasan Fastabiqul Khairat Samarinda sudah termasuk efektif karena secara garis besar peserta didik telah merasa mempunyai hubungan yang baik dengan guru. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif dapat meningkatkan hubungan interpersonal guru dan peserta didik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Guru, Anak Usia Dini
  • NIM: 1002055017
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM dan Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ayunda (08-25-17-07-59-49).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Ayunda (08-25-17-07-59-49).pdf (73 kB)