Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH TAYANGAN IKLAN AIRASIA “KINI SIAPAPUN BISA TERBANG 2015” TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Pasca Krisis Pada Pelanggan Travel Hidayah Nur Mulia) (Nadya Poernamasari)

Submitted by: Poernamasari, Nadya
On: Aug 17, 2016 @ 10:57 AM
IP: 114.125.185.215

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH TAYANGAN IKLAN AIRASIA “KINI SIAPAPUN BISA TERBANG 2015” TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Pasca Krisis Pada Pelanggan Travel Hidayah Nur Mulia)
  • Pengarang (nama mhs): Nadya Poernamasari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tayangan iklan AirAsia “Kini Siapapun Bisa Terbang 2015” ialah salah satu bentuk komunikasi yang mempromosikan barang atau jasa, serta berusaha untuk mempengaruhi penontonnya, baik untuk memperkenalkan koorporasi maupun meningkatkan eksistensi. Citra perusahaan ialah wujud dari penilaian khalayak mengenai jati diri perusahaan. Tayangan iklan di televisi merupakan salah satu cara agar khalayak menilai mengenai Citra AirAsia. Pasca krisis yang telah dialami AirAsia akhir tahun 2014 lalu, penayangan iklan ini merupakan salah satu bentuk untuk tetap menunjukkan kiprah AirAsia di dunia penerbangan Indonesia.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tayangan iklan AirAsia terhadap citra perusahaan pasca krisis. Merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan 50 responden yakni pelanggan Travel Hidayah Nur Mulia, yang ditentukan melalui simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert. Data dari penelitian ini dihitung menggunakan analisis regresi linier sederhana.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan iklan mampu meningkatkan nilai variabel citra perusahaan sebesar 0.452, dilihat dari persamaan analisis regresi linier sederhana yaitu, Y = 28.949 + 0.452X. Memperoleh nilai R2 = 0.241, memiliki arti bahwa variabel bebas tayangan iklan mampu menerangkan nilai variabel terikat citra perusahan sebesar 24.1%, nilai ini tergolong rendah karena sisanya sebesar 75.9 % diterangkan oleh faktor-faktor lain selain tayangan iklan tersebut. Walaupun dinilai rendah namun hasil koefisien determinasi ini mampu menunjukkan korelasi antara variabel tayangan iklan terhadap citra perusahaan.
    Dari hasil perhitungan hipotesis : thitung (3.911) > ttabel (2.001), terlihat thitung lebih besar dari ttabel, berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh antara tayangan iklan AirAsia “Kini Siapapun Bisa Terbang 2015” Terhadap Citra Perusahaan (Pasca Krisis pada Pelanggan Travel Hidayah Nur Mulia).
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Tayangan Iklan Televisi, Citra Perusahaan, Pasca Krisis Perusahaan
  • NIM: 1202055011
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Iman Surya, S.Sos., M.Si dan Hikmah, S.Sos., M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal online Nadya Poernamasari (08-17-16-10-57-03).doc (121 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal online Nadya Poernamasari (08-17-16-10-57-03).pdf (416 kB)