Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI EVENT ORGANIZER MOVEM DALAM MEMPERKENALKAN MEREK LOKAL MELALUI PENYELENGGARAAN EVENT SAMARINDA STREET FEST di KOTA SAMARINDA (Santo Medy Wibisono)

Submitted by: ,
On: Aug 16, 2016 @ 8:45 AM
IP: 36.82.228.159

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI EVENT ORGANIZER MOVEM DALAM MEMPERKENALKAN MEREK LOKAL MELALUI PENYELENGGARAAN EVENT SAMARINDA STREET FEST di KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Santo Medy Wibisono
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak
    Latar belakang penelitian ini adalah generasi muda Indonesia yang memperkenalkan merek lokal dengan menyelenggarakan sebuah event festival dengan konsep thematic bazaar. Di Samarinda thematic bazaar yang pertama kali diselenggrakan adalah Samarinda Street Fest. Samarinda Street Fest merupakan bazar kreatif untuk mengapresiasi industri kreatif lokal Samarinda dan komunitas pendukung industri tersebut yang diselenggarakan oleh Movem.
    Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi event organizer Movem dalam memperkenalkan merek lokal melalui penyelenggaraan event Samarinda Street Fest di Kota Samarinda. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik analisis data model interaktif. Penelitian ini menggunakan landasan model analisis SWOT.
    Berdasarkan penyajian hasil penelitian, strategi komunikasi yang dijalankan oleh Movem telah berjalan dengan baik. Hasil pembahasan yang telah dikaitkan dengan model SWOT, Movem memiliki kekuatan yaitu dari anggota-anggotanya sendiri. Dalam pemilihan komunikator yang dilakukan oleh Movem belum memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi bagi khalayak luas secara umum. Movem belum mencapai khalayak secara umum dikarenakan difokuskan kepada kalangan remaja. Pesan yang disampaikan oleh Movem dapat menarik perhatian dan tersampaikan dengan baik oleh khalayak yang dituju. Movem tidak menggunakan media koran sebagai sarana promosi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Event Organizer, Merek Lokal
  • NIM: 1202055004
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Rosa Anggraeny, M.Si dan Annisa Wahyuni A, S.IP.,MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL ONLINE (08-16-16-08-45-00).docx (469 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL ONLINE (08-16-16-08-45-00).pdf (266 kB)