Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

REPRESENTASI MASKULINITAS BOYBAND DALAM VIDEO KLIP (ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI MASKULINITAS BOYBAND DALAM VIDEO KLIP BONAMANA OLEH BOYBAND SUPER JUNIOR) (Sari)

Submitted by: Sari, Sari
On: Jul 25, 2013 @ 4:55 AM
IP: 110.139.146.66

  • Judul artikel eJournal: REPRESENTASI MASKULINITAS BOYBAND DALAM VIDEO KLIP (ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI MASKULINITAS BOYBAND DALAM VIDEO KLIP BONAMANA OLEH BOYBAND SUPER JUNIOR)
  • Pengarang (nama mhs): Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisi tentang representasi maskulinitas boyband Super Junior dalam video klip Bonamana. Adapun yang menjadi komponen penelitian antara lain pakaian, aksesoris, haircut, make up, bentuk tubuh, dan ekspresi setiap personil Super Junior. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif berdasarkan model semiotik dari Roland Barthes berupa sistem tanda yang dibagi menjadi denotasi dan konotasi yang membentuk mitos untuk menghasilkan makna. Data dikumpulkan dengan mengamati adegan-adegan dalam rekaman video klip Bonamana dan mengambil adegan-adegan yang dianggap mampu mewakili maskulinitas Super Junior. Unsur-unsur dari video klip Bonamana dimaknai oleh peneliti selaku interpretan berdasarkan pengalaman yang diperolah dari interaksi sosial sebagai anggota masyarakat atau budaya tertentu. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam video klip Bonamana, Super Junior merepresentasikan citra pria yang sedemikian rupa sebagai idola. Gaya berbusana mereka dikontrol oleh manajemen. Hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran artis-artisnya. Mereka tidak hanya menjual suara ataupun talentanya dalam bermusik, tetapi juga memasarkan citranya. Kemudian, maskulinitas yang direpresentasikan juga bermacam-macam. Beberapa scene menunjukkan adanya pria baru, namun sebagian juga masih merupakan maskulinitas tradisional. Ini membuktikan bahwa maskulinitas yang dihadirkan dalam video klip Bonamana merupakan komoditi dalam industri hiburan Korea.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Bonamana, Super Junior, Semiotika, Representasi, Maskulinitas
  • NIM: 0902055024
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. DR.Hj. Hartutiningsih,MS, Rina Juwita,S.IP.,MHRIR
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Sari (0902055024) (07-25-13-04-55-13).docx (937 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Sari (0902055024) (07-25-13-04-55-13).pdf (294 kB)

Print Friendly, PDF & Email