Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Hubungan Teknologi Informasi Internet dengan Prestasi belajar remaja di SMA Negeri 1 Longikis (Ratna Sari Silalahi)

Submitted by: Silalahi, Ratna Sari
On: Mar 22, 2013 @ 2:36 AM
IP: 110.139.151.95

  • Judul artikel eJournal: Hubungan Teknologi Informasi Internet dengan Prestasi belajar remaja di SMA Negeri 1 Longikis
  • Pengarang (nama mhs): Ratna Sari Silalahi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas mengenai bagaimana hubungan penggunaan teknologi informasi internet dengan prestasi belajar remaja di SMA Negeri 1 Longikis. Dengan menggunakan jenis penelitian eksplanatif, metode ini digunakan untuk meneliti sejauh mana variasi pada suatu variable berkaitan dengan variasi-variable yang lain (Rakhmat, 2009:27). Penelitian ini menggunakan dua konsep sebagai alat untuk mengukur variabel yaitu variabel (X) dengan penggunaan teknologi informasi internet dan Variabel (Y) prestasi belajar dengan masing-masing indikatornya yaitu : untuk variable (X) yaitu Frekuensi mengakses internet, Lama mengakses internet, Fitur pada internet yang sering digunakan. Dan variabel (Y) dengan indikatornya yaitu : Ranah kognitif, Ranah Afektif, dan Ranah Psikomotorik. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 623 orang (sumber data SMA N 1 Longikis) dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 86 siswa dengan keterangan yang sering menggunakan internet baik dengan menggunakan Handphone maupun internet yang tersedia disekolah.
    Teknik pengumpulan data yang sesuai dengan penulisan skripsi ini yaitu dengan penulisan kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Alat pengukur data pada penelitian ini menggunakan Skala Likert yang digunakan untuk mengukur sikap seseorang tentang sesuatu objek sikap dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis hubungan dengan rumus Rank-Order r=1-6Ʃd²/(N(N^2-1)) dengan hasil rho = 26.4.
    Untuk melihat tinggi rendahnya korelasi digunakan skala Gullford yaitu dengan hasil lebih dari 0.90 : Hubungan yang sangat tinggi ; kuat sekali ; dan dapat diandalkan. Pengujian siknifikansi koefisien korelasi selain dapat menggunakan table, juga dapat dihitung dengan uji t yang rumusnya t=√((n-2)/(1-r_s^2 )) dengan hasil t =24.7 maka hubungannya signifikan yaitu thitung >ttabel.
    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat tinggi, kuat sekali dan dapat diandalkan antara penggunaan teknologi informasi (internet) dengan prestasi belajar remaja di SMA N 1 Longikis.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Teknologi, Informasi, Internet, Prestasi, Belajar, remaja SMA Negeri 1 Long ikis
  • NIM: 0902055314
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si, Iman Surya, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): RATNA JURNAL genap (03-22-13-02-36-34).docx (58 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): RATNA JURNAL genap (03-22-13-02-36-34).pdf (239 kB)