Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Strategi Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Mencegah Konversi Lahan Pertanian Menjadi Lahan Pertambangan Di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang (Haidar Fathur Rizaldi Purnomo)

Submitted by: ,
On: Sep 23, 2024 @ 3:52 AM
IP: 180.247.246.19

  • Judul artikel eJournal: Strategi Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Mencegah Konversi Lahan Pertanian Menjadi Lahan Pertambangan Di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang
  • Pengarang (nama mhs): Haidar Fathur Rizaldi Purnomo
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak Strategi Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Mencegah Konversi Lahan Pertanian Menjadi Lahan Pertambangan di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang dibawah bimbingan Bapak Dr. Erwiantono, S.Pi., M.Si dan Ibu Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Pemerintah Desa dalam upaya mencegah alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan pertambangan di Desa Bukit Pariaman, Kecamatan Tenggarong Seberang. Fokus utama penelitian meliputi beberapa aspek, yaitu: sumber, pesan, media, penerima, efek, dan umpan balik. Informan kunci dalam studi ini adalah Kepala Desa dan Sekretaris Desa Bukit Pariaman. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan penelitian lapangan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi Pemerintah Desa dalam mencegah konversi lahan pertanian menjadi lahan pertambangan di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang, Pemerintah Desa Bukit Pariaman sebagai sumber dalam mencegah konversi lahan pertanian menjadi lahan pertambangan. Pesan yang disampaikan Pemerintah Desa kerugian bagi pihak petani dan dampak buruk bagi lingkungan Desa Bukit Pariaman, yang akan menyebabkan dari adanya lahan pertambangan. Media yang digunakan Pemerintah Desa yaitu melalui surat undangan kepada perusahaan dan melalui via media sosial WhatsApp bagi masyarakat di Desa Bukit Pariaman. Perusahaan sebagai penerima pesan dari Pemerintah Desa Bukit Pariaman, sudah banyak dilakukan diskusi, memberikan solusi masalah yang dihadapi masyarakat khususnya petani di Desa Bukit Pariaman, dan perusahaan diberikan saran untuk langsung menghentikan kegiatan tambangnya ke Dinas Pertanian. Efek atau dampaknya pada sumber mata pencaharian warga petani yang menjadi hilang, dan daerah Desa Bukit Pariaman terkena dampak banjir, menurunnya pertumbuhan perekonomian di Desa Bukit Pariaman, perusahaan tidak memperhatikan terhadap kualitas lingkungannya setelah adanya lahan tambang yang masih berjalan, dan umpan balik dari perusahaan pertambangan tetap menjalankan usahanya, disisi lain mereka dapat membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan karena mengingat dalam pertambangan membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemerintah Desa, Konversi Lahan Pertanian, Lah
  • NIM: 1502055070
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwiantono, S. Psi., M. Si Annisa Wahyuni Arsyad, S. IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 12
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL – HAIDAR FATHUR – 1502055070 (09-23-24-03-52-29).pdf (131 kB)